Telkom University Dukung Program Rapid Test Keliling


Disinfection Chamber UltraViolet Mobile Karya Dosen dan Mahasiswa Dukung Program Rapid Test Keliling Polresta Kabupaten Bandung

ARCOM.CO.ID ,Kabupaten Bandung, (28/3/2020). Alat inovasi buatan Dosen Fakultas Teknik Elektro dan Mahasiswa Telkom University telah digunakan pada pelaksanaan Rapid Test Covid-19 di Kawasan Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Sabtu, (28/3/2020).

Pemeriksaan secara sekaligus ini bekerjasama dengan tiga instansi pemerintah, diantaranya, Kapolresta Bandung, Soreang, TNI, dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat.

Kasat Lantas Polresta Bandung AKP Hasby Ristama mengungkapkan, alat Disinfection Chamber Ultraviolet Mobile digunakan untuk rapid test Covid-19 kepada 172 anggota TNI, Polri & Satpol PP.

Pelaksanaan Rapid Test dilaksanakan di Jalak Harupat yang merupakan undangan terdaftar dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, metodenya drive thru seperti yang telah di laksanakan di Korea.

“Alhamdulillah alat ini begitu kami apresiasi, karena benar-benar membantu tim Polri dan TNI untuk menghadapi sebaran Covid-19,” kata Hasby Ristama.

“Menariknya alat ini menggunakan sensor otomatis selama lima detik semprot disinfektan dan terdapat sinar UV yang dapat mematikan bakteri,” ungkap Hasby Ristama.

“Kami harap bisa terus dikembangkan untuk lebih besar dan panjang, sehingga tidak ada antrian, namun ini sudah sangat baik,” kata Hasby Ristama.

Sebagai informasi, alat Disinfection Chamber dibuat oleh Tim Dosen Fakultas Teknik Elektro dan Mahasiswa Telkom University, alat ini dibuat untuk membantu banyak pihak untuk lebih siap menghadapi penularan virus Corona atau COVID-19. (BRH / RLS)