Tel-U Choir Persembahkan Virtual Choir Project

ARCOM.CO.ID ,Bandung, (8/4/2020). Banyak upaya yang dilakukan dalam pencegahan Covid-19, salah satunya physical distancing, namun, physical distancing membuat beberapa aktivitas menjadi tertunda.

Tim paduan suara dari Telkom University juga ikut merasakan dampak dari dilakukannya physical distancing, dengan adanya physical distancing, TelU Choir yang hampir setiap hari berlatih untuk ajang World Choral Championship di Italy kini tidak bisa bertemu secara fisik.

Berdasarkan latar belakang tersebut, Tel-U Choir membuat sebuah program bernama Virtual Choir, Virtual Choir merupakan bentuk paduan suara yang menggunakan bantuan teknologi sebagai media untuk membuat musik dalam paduan suara, sehingga Virtual Choir menjadi unik karena biasanya paduan suara bernyanyi dalam satu lingkungan yang sama dan saling tatap muka untuk membentuk suatu harmoni, tetapi dengan konsep virtual choir, bernyanyi dapat dilakukan dari tempat yang berbeda tanpa tatap muka.

Presidium 3 Tim Kompetisi Garuda Gana Tel-U Choir Ryan Kurnia Pratama menjelaskan, dalam melakukan virtual choir, penyanyi diminta untuk merekam suara mereka di rumah masing-masing dari berbagai daerah, kemudian digabungkan dan diselaraskan dalam satu video sehingga terbentuk Virtual Choir.

Video Virtual Choir ini kemudian di unggah di Youtube dan Instagram TV, Tim Tel-U Choir terdiri dari 45 penyanyi yang dipimpin oleh Aldo Randy Ginting dan Amilio Fahlevi sebagai Composer, lagu yang dipilih yaitu Asmaul Husna, karena dengan lagu ini diharapkan dapat saling menguatkan dan berbagi semangat kepada penonton dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Selain itu, dengan dibawakannya lagu tersebut, setiap orang dapat berdoa bersama melalui lantunan lagu agar situasi yang terjadi saat ini cepat pulih.

“Dengan melakukan virtual choir, diharapkan para anggota tim Tel-U Choir untuk terus berprogres dalam bernyanyi,” kata Ryan Kurnia Pratama, “Feedback yang diharapkan dari penonton yaitu diharapkan dapat mengapresiasi karya tersebut, dan penonton bisa berdoa bersama melalui lagu ini, juga dapat menginspirasi dan menghibur penonton agar tetap produktif ditengah kondisi saat ini,” pungkas Ryan Kurnia Pratama. (BRH / RLS)