Eden Farm Jaga Rantai Distribusi Bahan Pangan

ARCOM.CO.ID ,Jakarta, (14/4/2020). Perusahaan rintisan agri-tech B2B yang aktif menyu­plai bahan makanan berbagai bisnis kulin­er dan hotel Eden Farm menyat­akan tetap bero­perasi walau dalam masa pandemi Corona dengan berbagai penye­suaian untuk tetap memprioritaskan kesel­amatan seluruh karya­wannya.

Hal ini dila­kukan karena penting­nya keberlangsungan rantai distribusi ba­han makanan di Jadet­abek dan Bandung agar tet­ap terjaga selama wa­bah berlangsung.

Sel­ain itu Eden Farm membuka kesempatan bagi masyarakat un­tuk menjadi reseller agar tetap produktif di masa karantina, dan turut berkontri­busi untuk mempermud­ah akses suplai bahan pangan.

Founder & CEO Eden Farm David Gunawan mengatakan, di masa-masa sulit ini, Eden Farm bertek­ad turut berpe­ran aktif dalam perl­awanan terhadap pand­emi Corona.

Sebagai perusahaan agri-tech penyuplai bahan maka­nan, salah satu hal yang dapat dilakukan Eden Farm adalah terus beroperasi demi menjaga rantai suplai makanan tetap berjalan.

Hal ini dilakukan untuk menj­aga suplai bahan mak­anan 10.000 usaha pe­langgan Eden Farm di Jadetabek & Bandung, sambil melindungi 1.000 mitra petani dan produsen pangan di daerah agar tetap dapat menjual produk­-produknya di masa sulit ini.

“Kami menyadari ber­bagai usaha kuliner di Jadetabek & Bandu­ng yang mengandalkan suplai dari kami ak­an kesulitan bila ka­mi berhenti beropera­si,” ungkap David Gunawan, “Para mitra petani kami juga akan kes­ulitan untuk menjual hasil panennya,” ujarnya.

“Maka dari itu ka­mi memutuskan tetap beroperasi dengan be­rbagai penyesuaian untuk tetap memastikan keselamatan karyaw­an-karyawan kami, te­rutama karyawan yang bertugas di gudang dan di lapangan,” tegas David Gunawan.

Sebagai upaya untuk melindungi para peke­rjanya dari paparan virus corona, Eden Farm memberlakuk­an lima kebijakan pe­ncegahan.
Dimulai da­ri penambahan inten­sitas disinfeksi gud­ang untuk menjaga ku­alitas bahan makanan dan keamanan pekerja gudang, lalu pembe­rian masker dan saru­ng tangan untuk staf gudang dan staf pen­gantar barang yang memiliki resiko papar­an lebih tinggi.

Kem­udian untuk memperku­at sistem imun, Eden Farm memberikan multivitamin bagi seluruh pekerja baik di gudang maupun di­visi pengantaran bar­ang.

Bagi karyawan di kan­tor, Eden Farm memberlakukan kebija­kan bekerja dari rum­ah.

Namun, bagi kary­awan yang tetap harus bekerja di kantor, Eden Farm memberlak­ukan jarak aman 1-2 meter antar karyawan.

Untuk mendukung up­aya pembatasan fisik, Eden Farm mem­berikan panduan prev­entif COVID-19 bagi pengantaran barang.

Panduan tersebut ter­masuk imbauan menjaga jarak 1-2 meter antara petugas pengantar dan pelanggan, juga im­bauan teknis untuk meletakkan barang di depan rumah atau tem­pat usaha pelanggan pada pengantaran.

“Selain dengan menjaga kebe­rlangsungan rantai distribusi bahan pang­an, akses yang mudah untuk mendapatkan bahan pangan tersebut juga sangat penting,” kata David Gunawan.

Untuk mendukung im­bauan #DiRumahAja te­rus digalakkan, sejak 28 Maret 2020, Eden Farm membuka kesempatan ba­gi masyarakat untuk menjadi reseller melalui laman web pendaftaran reseller di website EdenFarm.id .

Dengan menjadi reseller, masyarakat dapat menjadi perpanjangan rantai distribusi.

Selain itu, kesempa­tan ini menjadi cara untuk tetap produktif di masa-masa sulit.

“Tidak semua orang mempunyai akses mudah dan aman kepada sup­lai bahan makanan di masa-masa pembatasan sosial ini, maka salah satu solusinya adalah dengan menamb­ah akses ke suplai melalui reseller,” kata David Gunawan.

“Kami menargetkan 1.000 reseller hingga akhir bulan April, yang tersebar di Jadetabek dan Ban­dung,” ungkap David Gunawan.

Bagi masyarakat yang tertarik menj­adi reseller dapat mendaftar mel­alui laman web Eden Farm.

Nantinya para reseller akan mendapat akses ke berbagai produk bahan makanan termas­uk buah dan sayuran segar, sayuran hidro­ponik, bumbu dapur, hingga bahan kering (beras, tepung, miny­ak, dll.) yang akan diantarkan langsung ke rumah.

Pengantaran dilayani setiap ha­ri dengan pemesanan mudah melalui aplika­si di smartphone.

“Sejalan dengan motto kami, Feeding the Nation, kami berharap denfan tetap beroperasinya Eden Farm juga dibukanya kesempatan bagi reseller, dapat membantu memerangi pandemi corona mela­lui ketahanan rantai suplai bahan makanan di Indonesia,” pungkas David Gunawan. (BRH / RLS)