Wartawan Bandung Galang Donasi Untuk Korban Longsor Cibeunying

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Hujan sangat deras yang mengguyur Bandung dan sekitarnya, Jumat malam, (1/5/2020), menyebabkan terjadinya pergerakan tanah longsor di beberapa wilayah.

Salah satu rumah yang tertimbun longsoran tanah akibat hujan deras adalah rumah Wartawan kabarmiliter.com Fajar Gunawan Aminulloh atau akrab disapa Ajay yang berlokasi di RW 01, Kelurahan Cibeunying, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung.

Ajay sendiri selain berprofesi sebagai Wartawan kabarmiliter.com juga merupakan salah seorang Tim Penyemprot Disinfektan yang tergabung dalam Tim Disinfektan Jurnalis Bela Negara (JBN).

Salah satu warga bernama Tehdi menceritakan, kejadian longsor terjadi Jumat malam, (1/5/2020), pukul 21.30 WIB, dan ketika longsoran tanah menerjang rumah Ajay, warga RW 01, Kelurahan Cibeunying, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung secara gotong royong melakukan evakuasi.

“Warga dibantu rekan-rekan Barkodji bahu membahu membantu evakuasi penanggulangan timbunan tanah dan pergerakan air agar tidak membahayakan penghuni rumah dan menghindari kerusakan lebih parah,” kata Tehdi, “Syukur Alhamdulillah tidak ada korban jiwa,” pungkasnya.

Kejadian longsor tersebut mendapat respon dan peninjauan secara langsung dari jajaran Polsek Cimenyan, Babinsa Kelurahan Cibeunying, dan perwakilan Kelurahan Cibeunying.

Seperti diketahui, sejak 25 maret 2020, guna memutus mata rantai pandemik Covid-19, Wartawan kabarmiliter.com Ajay bersama Tim melakukan penyemprotan ke rumah-rumah warga di wilayah Bandung.

Ajay tidak kenal lelah saat menggendong mesin penyemprot disinfektan berkapasitas 25 liter, Ajay secara sukarela memberikan penyemprotan disinfektan secara gratis, meski harus keluar masuk gang sempit, dan pada akhirnya sebanyak 1.500 rumah warga dan beberapa tempat ibadah di berbagai Kelurahan di Bandung berhasil disemprot disinfektan oleh Ajay.

Untuk membalas jasa Ajay dan meringankan beban saat rumahnya terkena longsor, sejumlah Wartawan yang tergabung dalam Jurnalis Bela Negara (JBN), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bandung, WhatsApp Group (WAG) Forum JBN, dan WhatsApp Group (WAG) Newsroom Bandung menggalang donasi untuk Ajay.

Penggalangan donasi untuk Ajay yang diinisiasi Wartawan sjonews.com Mas Don berlangsung sejak Sabtu, (2/5/2020), pukul 13.51 WIB, dan akan berakhir Minggu, (3/5/2020), pukul 13.00 WIB.

Tercatat Sabtu, (2/5/2020), pukul 20.27 WIB, donasi untuk Ajay yang dikumpulkan dari Wartawan kota Bandung dan para donatur mencapai Rp.4.300.000, hasil ini cukup mengharukan, karena di tengah Pandemi Covid-19 para Wartawan dan donatur masih sempat menyisihkan uangnya.

Rencananya, hasil donasi untuk Ajay dari para Wartawan dan donatur akan diserahkan Minggu, (3/5/2020), pukul 13.00 WIB, di Basecamp Jurnalis Bela Negara (JBN) jalan Stasion Selatan No.1-3, Kel. Kebon Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung.

Selanjutnya hasil donasi dan sembako akan diserahkan kepada tim untuk kemudian didistribusikan ke korban tanah longsor di RW 01, Kelurahan Cibeunying, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Minggu, (3/5/2020), pukul 14.30 WIB, dengan disaksikan Kapolsek, Danramil serta aparatur Kecamatan Cimenyan.

Untuk pendistribusian donasi dan sembako untuk Ajay dan tetangganya (3 rumah kanan-kiri yang terkena longsor), protap Covid-19 dengan menggunakan masker serta memperhatikan Pedoman Physical Distancing akan diberlakukan.

Untuk diketahui, Wartawan yang tergabung dalam WhatsApp Group (WAG) Newsroom Bandung, dan WhatsApp Group (WAG) Forum JBN, akan semampunya membantu setiap Wartawan yang tertimpa musibah.

“Terima kasih banyak untuk teman-teman Wartawan dan para Donatur yang di saat Pandemi Covid-19 masih berkenan menyisihkan sebagian rezekinya untuk diberikan kepada Wartawan kabarmiliter.com Ajay yang rumahnya terkena longsor, semoga kebaikan para Wartawan dan Donatur dibalas berlipat ganda oleh Allah SWT,” kata Presiden Jurnalis Bela Negara (JBN) Raden Mochamad Gun gun. (DON / BRH)