Wartawan Bandung Salurkan Donasi Untuk Keluarga Korban Longsor Cibeunying

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Sejumlah Wartawan dari berbagai organisasi, Minggu sore, (3/5/2020), menyambangi kediaman Wartawan kabarmiliter.com Fajar Gunawan Aminulloh atau biasa disapa Ajay untuk menyampaikan donasi dari para Wartawan Bandung dan Donatur yang dapat dipergunakan Keluarga Ajay memperbaiki rumahnya yang diterjang tanah longsor di Bojong Kacor RW 01, Kelurahan Cibeunying Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung.

Donasi sebesar 6 juta rupiah lebih dan sembako hasil sumbangan dari Wartawan yang tergabung dalam Jurnalis Bela Negara (JBN), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bandung, WhatsApp Group (WAG) Forum JBN, WhatsApp Group (WAG) Newsroom Bandung, dan para donatur, diserahkan secara langsung oleh perwakilan JBN kepada keluarga Ajay di teras rumahnya yang atapnya hancur terkena longsoran tanah.

Penyerahan donasi untuk keluarga Ajay di lokasi longsor disaksikan secara langsung oleh Lurah Cibeunying Kecamatan Cimenyan Asep Rahayu, Babinsa Mulyana, Bhabinkamtibmas Yusep Rusyana, Ketua RT Teddy, aparat Kepolisian dan Koramil.

“Kami sekeluarga mengucapkan banyak terima kasih kepada Wartawan dan Donatur yang telah memberikan sumbangan uang dan sembako,” kata Rudi Hartono yang merupakan Ayah dari Ajay, “Semoga semua kebaikan Wartawan dan Donatur mendapat balasan tak terbatas dari Allah SWT,” ujarnya dengan nada bergetar menahan haru.

Sebelum penyerahan donasi, Ajay didampingi ibunya yang bernama Ngadijah dan dua adiknya bernama Fajriati Aulia, dan Fauziah Ana Ramdhani, di ruang tamu rumahnya yang dipenuhi longsoran tanah tampak terkejut sekaligus terharu melihat kedatangan para Wartawan.

“Saya tidak menyangka teman-teman Wartawan datang ke rumah saya, hal ini jauh dari perkiraan saya, terima kasih atas kunjungan dan bantuannya,” kata Ajay dengan nada terbata-bata menahan haru.

Sedangkan Lurah Cibeunying Kecamatan Cimenyan Asep Rahayu mengatakan, pihaknya atas nama warga Bojong Kacor Kelurahan Cibeunying, Kecamatan Cimenyan mengucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan Wartawan Bandung dan para Donatur.

“Saya mengapresiasi Wartawan Bandung yang sungguh amat tanggap memberikan bantuan kepada salah satu warga kami yakni Keluarga Rudi Hartono Ayah dari Ajay,” kata Asep Rahayu.

Asep Rahayu menambahkan, pihaknya mengakui lingkungan di Bojong Kacor RW 01, Kelurahan Cibeunying Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung rentan bencana longsor.

“Area Kelurahan Cibeunying yang luasnya sekitar 400 hektar dengan komposisi 27 RW dan 137 RT, dengan jumlah penduduk sekitar 29.000 jiwa termasuk pemukiman yang rentan bencana alam,” ungkap Asep Rahayu.

“Daerah kami diapit dua sungai dengan kontur berbukit-bukit, dan banyak pemukiman berada di kemiringan,” kata Asep Rahayu, “Kami akui kondisi seperti ini memang rawan bencana, namun, bagaimana lagi, paling setiap musim hujan kita memberikan perhatian khusus ke warga,” pungkasnya.

Seperti diketahui, hujan sangat deras mengguyur Bandung dan sekitarnya, Jumat malam, (1/5/2020), menyebabkan terjadinya pergerakan tanah longsor di beberapa wilayah.

Salah satu rumah yang tertimbun longsoran tanah akibat hujan deras adalah rumah Wartawan kabarmiliter.com Fajar Gunawan Aminulloh atau akrab disapa Ajay yang berlokasi di RW 01, Kelurahan Cibeunying, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung.

Ajay sendiri selain berprofesi sebagai Wartawan kabarmiliter.com juga merupakan salah seorang Tim Penyemprot Disinfektan yang tergabung dalam Tim Disinfektan Jurnalis Bela Negara (JBN).

Sekilas tentang Ajay, sejak 25 maret 2020, guna memutus mata rantai pandemik Covid-19, Wartawan kabarmiliter.com Ajay bersama Tim melakukan penyemprotan ke rumah-rumah warga di wilayah Bandung.

Ajay tidak kenal lelah saat menggendong mesin penyemprot disinfektan berkapasitas 25 liter, Ajay secara sukarela memberikan penyemprotan disinfektan secara gratis, meski harus keluar masuk gang sempit, dan pada akhirnya sebanyak 1.500 rumah warga dan beberapa tempat ibadah di berbagai Kelurahan di Bandung berhasil disemprot disinfektan oleh Ajay.

Untuk membalas jasa Ajay dan meringankan beban saat rumahnya terkena longsor, sejumlah Wartawan yang tergabung dalam Jurnalis Bela Negara (JBN), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bandung, WhatsApp Group (WAG) Forum JBN, dan WhatsApp Group (WAG) Newsroom Bandung akhirnya menggalang donasi untuk Ajay dan terkumpul uang sebesar 6 juta lebih. (HS / BRH)