Kasdam III/Siliwangi Hadiri Pemilihan Ketua Umum Puskop Kartika Siliwangi

ARCOM.CO.ID ,Cimahi. Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo mewakili Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto menghadiri Rapat Anggota Pemilihan Ketua Umum Pusat Koperasi (Puskop) Kartika Siliwangi, Jumat, (3/7/2020), di Taman Hutan Kehati Kp. Cimenteng Kel. Cipageran Kec. Cimahi Utara Kota Cimahi, lokasi ini merupakan Posko Sektor 21 Satgas Citarum Harum.

Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo dalam sambutannya mengatakan, Ketua Umum Puskop Kartika Siliwangi merupakan figur sentral yang sangat menentukan jalannya roda organisasi.

“Calon Ketua harus benar-benar memiliki sikap amanah, akuntabilitas yang tinggi, dan memenuhi kreteria iman, ilmu serta amal,” kata Kasdam III/Siliwangi.

Lebih lanjut Kasdam III/Siliwangi mengatakan, keberadaan Puskop Kartika Siliwangi beserta Primer Koperasi di satuan jajaran Kodam III/Siliwangi harus dapat meningkatkan kesejahteraan Prajurit, dan PNS beserta keluarganya melalui kegiatan dan usaha Koperasi dengan tetap berpedoman pada aturan yang berlaku dalam Perkoperasian.

“Kepada Ketua Umum Puskop Kartika Siliwangi yang terpilih saya minta agar lebih optimal lagi dalam bekerja,” kata Kasdam III/Siliwangi.

“Kerahkan segenap kemampuan yang ada, harus mau berkorban fisik maupun pikiran, serta jeli dalam mengantisipasi peluang-peluang usaha untuk memajukan Koperasi,” tegas Kasdam III/Siliwangi.

“Kalau Ketua yang didukung oleh segenap jajaran pengurus Koperasi bekerja secara maksimal, saya yakin akan berdampak pada kemajuan,” kata Kasdam III/Siliwangi.

“Selain menjalin kerjasama dengan Pengurus, Pengawas dan Anggota, Ketua Umum Koperasi yang terpilih harus dapat mengembangkan kerjasama dengan instansi lain sebagai langkah untuk mengembangkan usaha yang ada didalam Puskop Kartika Siliwangi,” kata Kasdam III/Siliwangi.

Mantan Ketua Umum Pusat Koperasi (Puskop) Kartika Siliwangi Kol.Inf. Yusep Sudrajat mengatakan, Puskop Kartika Siliwangi memiliki berbagai bidang usaha, diantaranya, Toko, Simpan Pinjam, SPBU, Kerjasama Gas LPG PSO, dan Kerjasama Gas LPG non PSO.

Mengenai penyelenggaraan
Rapat Anggota Pemilihan Ketua Umum Pusat Koperasi (Puskop) Kartika Siliwangi di Taman Hutan Kehati Kp. Cimenteng Kel. Cipageran Kec. Cimahi Utara Kota Cimahi, Kol.Inf. Yusep Sudrajat mengungkapkan, kegiatan rapat ini mampu menghemat biaya penyelenggaraan hingga 50 persen, karena tidak perlu menyewa gedung pertemuan atau hotel.

“Biasanya penyelenggaraan Rapat Pusat Koperasi (Puskop) Kartika Siliwangi menghabiskan biaya 110 hingga 150 juta rupiah, namun untuk Rapat Anggota Pemilihan Ketua Umum Pusat Koperasi Kartika Siliwangi kali ini saya hanya menandatangani biaya penyelenggaraan 54 juta rupiah saja, karena diselenggarakan di Taman Hutan Kehati yang merupakan Posko Sektor 21 Satgas Citarum Harum,” ungkap Kol.Inf. Yusep Sudrajat.

Rapat Anggota Pemilihan Ketua Umum Pusat Koperasi Kartika Siliwangi menghasilkan tiga orang kandidat Calon Ketua Puskop Kartika Siliwangi, kandidat tersebut yakni, Kolonel Arh. Syarif Hidayatullah, S.E., M.M., Kolonel Inf. Opan Sopandi, S.E., M.M., dan Kolonel Kav. Sugiono, S.I.P.

Kolonel Inf. Opan Sopandi akhirnya terpilih menjadi Ketua Umum Pusat Koperasi Kartika Siliwangi menggantikan Kolonel Inf. Yusep Sudrajat.

Kolonel Inf. Opan Sopandi terpilih menjadi Ketua Umum Pusat Koperasi Kartika Siliwangi dengan raihan 78 suara unggul sangat jauh dari kandidat lainnya.

Kolonel Inf. Opan Sopandi seusai terpilih menjadi Ketua Umum Pusat Koperasi Kartika Siliwangi periode 2020-2022 mengatakan, dirinya akhirnya mendapatkan amanah memimpin Koperasi di lingkungan Kodam III/Siliwangi setelah mengungguli dua kandidat lainnya melalui voting dari 85 Kepala Primer Koperasi di jajaran Kodam III/Siliwangi.

“Mendapatkan jabatan sebagai Ketua Umum Pusat Kartika Siliwangi merupakan sebuah tantangan yang luar biasa,” kata Kolonel Inf. Opan Sopandi di hadapan para awak Media.

“Saya sebagai Ketua Umum Pusat Kartika Siliwangi siap dan terbuka dengan semua hal yang perlu dikoordinasikan,” kata Kolonel Inf. Opan Sopandi.

“Saya punya prinsip meneruskan yang sudah baik, memperbaiki yang tidak baik, dan meninggalkan yang buruk,” kata Kolonel Inf. Opan Sopandi, “Terus maju ke depan dan utamakan kebersamaan,” pungkasnya. (BRH)