Brawijaya Clinic Bandung Kliniknya Para Ibu Muda dan Tumbuh Kembang Anak

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Pusat layanan kesehatan khusus ibu dan anak Brawijaya Clinic Bandung semakin memanjakan para ibu muda yang akan melahirkan buah hatinya, dikarenakan Brawijaya Clinic Bandung kini meluncurkan layanan terbarunya, yaitu Klinik Persalinan (Maternity Clinic).

Peluncuran Klinik Persalinan (Maternity Clinic) Brawijaya Clinic Bandung, Rabu, (29/7/2020), di jalan KH Ahmad Dahlan (jalan Banteng) No. 40 Bandung menjadi istimewa, karena diresmikan secara langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya yang merupakan Isteri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Hadir dalam acara peluncuran Klinik Persalinan (Maternity Clinic) Brawijaya Clinic Bandung, Presiden Direktur Brawijaya Healthcare Amira Ganis, Owner Brawijaya Clinic Bandung Sofi Aknani, dan Head of Brawijaya Clinic Bandung dr. Fairuz Baswedan.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil seusai acara penandatanganan prasasti Brawijaya Clinic Bandung mengatakan, layanan persalinan, yang baik akan mampu menurunkan angka kematian ibu dan bayi, “Maka permasalahan stunting akan dapat diatasi dengan mengoptimalkan layanan kesehatan ibu dan anak,” ujarnya.

Lebih lanjut Atalia Praratya Ridwan Kamil mengatakan, pihaknya bersyukur dengan kehadiran Brawijaya Clinic Bandung, “Klinik ini melengkapi semangat kami untuk menekan angka kematian ibu dan bayi serta stunting yang angkanya masih cukup tinggi di Jawa Barat,” tegasnya.

Atalia Praratya Ridwan Kamil menambahkan, sejatinya tempat persalinan harus memberikan rasa nyaman dan aman kepada para calon ibu, “Saya berharap layanan persalinan dan layanan kesehatan ibu dan anak di Jawa Barat terus membaik,” ujarnya.

“Biasanya para ibu yang akan bersalin memilih tempat yang mirip rumah sendiri agar aman dan nyaman, maka saya harap klinik ini dapat melengkapi kebutuhan masyarakat dalam hal klinik persalinan,” pungkasnya.

Presiden Direktur Brawijaya Health Care Amira Ganis seusai acara peresmian mengungkapkan secara singkat, peresmian layanan persalinan Brawijaya Clinic di Kota Bandung memiliki tujuan yakni memberikan pelayanan kesehatan bagi ibu dan anak secara prima di tengah pandemi Covid-19.

Seperti diketahui, Brawijaya Clinic Bandung didukung pelayanan serta fasilitas yang lengkap yakni teknologi USG sistem 4D yang berguna untuk mendeteksi status kesehatan janin ibu dan perkembangan bayi secara jelas dan mendetail.

Saat sesi Press Conference yang dihadiri puluhan awak Media Cetak, Televisi, Radio, dan Online, Head of Brawijaya Clinic Bandung dr. Fairuz Baswedan berharap, layanan baru Klinik Persalinan lengkap dan pelayanan tumbuh kembang anak di Brawijaya Clinic dapat memenuhi kebutuhan masyarakat kota Bandung dan sekitarnya.

“Brawijaya Clinic Bandung kini memiliki klinik persalinan untuk melengkapi lini pelayanan kesehatan terintegrasi,” kata dr. Fairuz Baswedan, “Klinik persalinan di Brawijaya Clinic Bandung terbagi atas tiga tipe ruangan yakni kelas VIP, kelas deluxe, dan kelas I dengan total lima tempat tidur yang siap melayani kebutuhan pasien” ujarnya, “Brawijaya Clinic Bandung memiliki dokter-dokter profesional dan peralatan kami sudah serba komputer,” ujarnya.

Saat sesi Press Conference terungkap, Brawijaya Clinic Bandung awalnya merupakan klinik rawat jalan, seiring berjalannya waktu dan adanya kesempatan serta potensi maka Brawijaya Clinic Bandung semakin besar dan kini memiliki klinik persalinan dan layanan tumbuh kembang anak.

Pantauan di lokasi, Brawijaya Clinic Bandung di jalan KH Ahmad Dahlan (jalan Banteng) No. 40 Bandung memang berkelas dan berbeda dengan klinik lain, dan dipastikan diterima masyarakat serta menjadi pilihan para ibu muda yang baru pertama kali melahirkan.

Saat sesi Press Conference terungkap, Brawijaya Clinic Bandung secara serius mempersiapkan pengamanan dan kenyamanan klinik persalinan, dengan cara memisahkan pasien yang sehat dan pasien yang sakit, selain itu terdapat ruang khusus vaksin untuk anak dan dewasa, Brawijaya Clinic Bandung juga menerima konsultasi melalui reservasi.

Kehamilan tidak ada yang mulus mulus saja, maka bila ada pasien yang membutuhkan infus, Brawijaya Clinic Bandung siap menyediakan infus, klinik ini juga memiliki terapi sinar, dan maksimal perawatan di Brawijaya Clinic Bandung adalah lima hari, bila pasien membutuhkan penanganan lebih lanjut, maka akan dirujuk ke Rumah Sakit rujukan.

Seperti diketahui, di Jawa Barat angka anemia masih cukup tinggi, karena apabila HB di bawah 11, maka dapat terjadi Pertumbuhan Janin Terhambat (PJT)

Brawijaya Clinic Bandung yang merupakan lokasi kelima dari Brawijaya Hospital & Clinic buka setiap Senin hingga Sabtu mulai pukul 8 pagi hingga 8 malam, namun untuk rawat inap tetap 24 jam, rate paket persalinan di klinik ini mulai dari Rp.8,9 juta.

Hadirnya klinik persalinan di Brawijaya Clinic Bandung melengkapi lini layanan kesehatan terintegrasi yang telah tersedia sebelumnya, yakni:

  • Klinik Kandungan dan Kebidanan/Obgyn 
  • Klinik Anak/Pediatric 
  • Klinik Penyakit Dalam/Internal Medicine 
  • Klinik Psikologi/Psychology
    -Klinik Umum 
    -Klinik Gigi/Dental 
  • Klinik Tumbuh Kembang Anak/Children Growth & Development Clinic

Klinik Persalinan Brawijaya Clinic Bandung didirikan sesuai dengan arahan Peraturan Kementerian Kesehatan No.66 Tahun 2014 tentang Pemantauan Pertumbuhan, Perkembangan, dan Gangguan Tumbuh Kembang Anak.

Klinik Persalinan Brawijaya Clinic Bandung dilengkapi layanan tumbuh kembang anak secara menyeluruh, mulai dari diagnosa, terapi, pemantauan, dan intervensi secara dini berbagai masalah gangguan tumbuh kembang anak sejak bayi hingga berusia 18 tahun.

Layanan terbaru di Brawijaya Clinic Bandung diisi oleh tim berpengalaman yang terdiri dari dokter ahli kebidanan dan kandungan (obgyn).

Fasilitas yang ditawarkan di Brawijaya Clinic Bandung tersedia 24 jam, dekorasi di klinik ini memiliki suasana homey demi memastikan kenyamanan bagi para ibu.

Seperti diketahui, layanan klinik persalinan telah terintegrasi dengan data rekam medis seluruh pasien Brawijaya Clinic Bandung, hal ini memungkinkan para dokter untuk memberikan arahan dan diagnosa komprehensif berdasarkan riwayat medis tiap-tiap pasien.

Paket persalinan normal di Brawijaya Clinic Bandung tersedia mulai dari Rp.8.900.000.

Konsultasi dengan tim ahli dan dokter dapat dilakukan secara mudah melalui reservasi di website Brawijaya Clinic Bandung: https://www.brawijayahospital.com/location/brawijayaclinicbuahbatu ataupun melalui nomor (022) 7308 104, dan HP Rawat inap: 08211 9757474.

Reservasi juga dapat dilakukan melalui aplikasi Brawijaya Mobile yang dapat diunduh di Play Store.

Tentang Brawijaya Clinic Bandung

Brawijaya Clinic Bandung merupakan bagian dari Grup Rumah Sakit Ibu dan Anak Brawijaya, Rumah Sakit modern yang didirikan dengan visi “Menjadi Institusi Pelayanan Kesehatan Spesialis Terkemuka untuk Ibu dan anak yang Memberikan Pelayanan Prima dengan Suasana Keramah-tamahan dan Rasa Kasih Sayang”.

Dalam rangka mewujudkan visi tersebut, RSIA Brawijaya memiliki misi, “Memberikan Pelayanan Kesehatan Paripurna di Bidang Obstetri & Ginekologi, Perempuan dan Anak yang Bermutu Tinggi dan Menjamin Kepuasan Pelanggan Melalui Manajemen yang Mandiri dan Modern”.

Guna mewujudkan visi dan misi tersebut, RSIA Brawijaya ditunjang dengan nilai utama untuk memberikan jasa pelayanan kesehatan bagi perempuan dan anak-anak secara paripurna dengan standar kualitas internasional, serta didukung oleh sumber daya yang handal dan memiliki komitmen yang tinggi serta berpegang teguh pada prinsip-prinsip pokok, yaitu Integritas, Inovatif, Humanitas, dan Kebersamaan.

Sejak didirikan tahun 2006, RSIA Brawijaya terus mengembangkan satelit pelayanannya dengan menghadirkan empat rumah sakit dan dua klinik kesehatan yaitu, Brawijaya Hospital Depok, Brawijaya Hospital Duren Tiga, RS. Permata Ibu Manage by Brawijaya Hospital, Brawijaya Clinic Bandung, dan Brawijaya Hospital Saharjo. (Bagoes Rinthoadi)