Disjarahad Gelar Karya Bakti Semester II TA 2020 di SDN 195 Isola Bandung

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Dinas Sejarah Angkatan Darat (Disjarahad) menggelar Karya Bakti TNI Satnonkowil Disjarahad TA 2020 dengan tema, “Karya Bakti TNI Wujud Nyata Pengabdian Untuk Rakyat”, Senin, (14/9/2020), di SDN 195 Isola jalan Gegerkalong Girang No.12, Kecamatan. Sukasari Bandung.

Kepala Dinas Sejarah Angkatan Darat (Kadisjarahad) Brigjend TNI Dr. Rachmat Setia Wibawa, S.IP., M.M., M.Tr.(Han) melalui Kabagpamlat Disjarahad Letkol Inf. Drs. Wardus Tamba, M.M., menyampaikan amanat dan pesan kepada anggota yang melakukan Karya Bakti, yakni anggota Disjarahad harus melaksanakan tugas dengan baik, jaga keamanan, dan dalam melaksanakan kegiatan tetap menerapkan protokol kesehatan, serta dalam bekerja tetap mengatur jarak.

“Kegiatan Disjarahad hari ini yakni melaksanakan program kerja Karya Bakti Semester II Tahun Anggaran (TA) 2020, dan pelaksanaannya di Kelurahan Isola khususnya di SDN 195 Isola,” kata Kabagpamlat Disjarahad.

“Ada dua kegiatan dalam Karya Bakti ini, pertama kegiatan fisik dan kegiatan non fisik,” kata Kabagpamlat Disjarahad.

“Kegiatan fisiknya yakni pengecatan sarana sekolah yang melibatkan 20 anggota Disjarahad, dibantu guru-guru SDN Isola dan masyarakat sebanyak 25 orang, dan sempat dihadiri Lurah Isola Ivan dan pihak Kecamatan Sukasari,” kata
Kabagpamlat Disjarahad.

“Sedangkan kegiatan Karya Bakti non fisik berupa ceramah wawasan kebangsaan dan bela negara, saya sendiri yang menyampaikan materinya,” ujar Kabagpamlat Disjarahad.

Lebih lanjut Kabagpamlat Disjarahad mengatakan, peserta ceramah wawasan kebangsaan dan bela negara adalah guru-guru SDN 195 Isola dan masyarakat sebanyak 25 orang.

“Tujuan diadakan ceramah wawasan kebangsaan dan bela negara adalah agar masyarakat memiliki misi yang sama dengan TNI dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegas Kabagpamlat Disjarahad.

“Kita memilih lokasi Karya Bakti di SDN 195 Isola hasil koordinasi dengan Koramil Sukasari, selanjutnya anggota Disjarahad bekerjasama dengan Koramil Sukasari mencari sekolahan di sekitar Kelurahan Isola yang kebetulan kelurahan ini merupakan wilayah binaan Disjarahad dan akhirnya ketemu SDN 159 Isola yang ternyata sangat membutuhkan partisipasi TNI berkaitan dengan pengecatan sekolah, perbaikan pintu beberapa kelas dan lapangan bola volley mereka,” ungkap Kabagpamlat Disjarahad.

Kabagpamlat Disjarahad menegaskan, dalam pelaksanaan kegiatan Karya Bakti, pihaknya selalu menerapkan protokol kesehatan.

“Seluruh anggota Disjarahad yang masuk ke SDN 195 Isola dicek suhu tubuhnya di pintu gerbang, bila ada yang tidak sehat tidak boleh masuk,” tegas Kabagpamlat Disjarahad.

“Selain itu setiap anggota Disjarahad yang masuk ke SDN 195 Isola wajib menggunakan masker, dan wajib mencuci tangan, jadi anggota Disjarahad yang masuk ke sini memang orang-orang yang sehat,” ujar Kabagpamlat Disjarahad.

“Selain itu pada saat ceramah wawasan kebangsaan dan bela negara, kita selipkan juga tentang kesadaran bagaimana cara mencegah pandemi corona,” pungkas Kabagpamlat Disjarahad.

Sedangkan Kepala Sekolah SDN 195 Isola Mariani Suryadi mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan Karya Bakti yang dilaksanakan Disjrahad di
SDN 195 Isola karena sangat membantu mengembangkan sarana dan prasarana di lingkungan sekolah.

“Kegiatan Karya Bakti ini membuat kami saling memiliki satu sama lain, maksudnya ketika bekerja sama dengan dinas lain, maka terjadi kerjasama yang erat antara SDN 195 Isola dengan Disjarahad,” kata Kepala Sekolah SDN 195 Isola.

“Kami sangat mendukung kegiatan Karya Bakti Disjarahad karena mengubah warna bangunan sekolah yang tadinya belum rapih menjadi rapih dan cerah, ditambah lapangan volley sekolah ikut dicat dengan warna yang cerah,” kata Kepala Sekolah SDN 195 Isola.

“Selain itu gerbang sekolah dan pintu kelas SDN 195 Isola ikut diperbaiki bahkan ruangan kelas ikut di cat oleh anggota Disjarahad,” ungkap Kepala Sekolah SDN 195 Isola.

“Sekali lagi saya selaku Kepala Sekolah SDN 195 berterima kasih kepada Disjarahad dan sangat mendukung program Karya Bakti ini,” ungkap Kepala Sekolah SDN 195 Isola.

“Kami juga sangat antusias mengikuti ceramah wawasan kebangsaan dan bela negara yang diadakan oleh Disjarahad,” pungkas Kepala Sekolah SDN 195 Isola. (BRH)