OPPO Luncurkan ColorOS 11 Secara Global

ARCOM.CO.ID ,Jakarta, (14/9/2020). Merek Smartphone terkemuka dunia OPPO pada Senin, (14/9/2020) menggelar peluncuran all-new ColorOS 11 secara global melalui konferensi pers online, peluncuran ini mengukir sejarah sebagai salah satu OEM pertama yang menghadirkan pembaruan Android 11 terkini kepada para pengguna global.​

Mengusung tema “Make Life Flow”, ColorOS 11 mempertahankan fitur-fitur stock Android favorit sekaligus menyediakan UI Costomization lengkap yang sangat dinantikan para pengguna OPPO.

Peluncuran ini mengikuti pengumuman Google Android 11 yang mana merupakan hasil kolaborasi erat antara kedua perusahaan untuk merealisasikan peluncuran dalam waktu singkat.

​PR Manager OPPO Indonesia, ColorOS Aryo Meidianto mengatakan, peluncuran ini merupakan momen yang sangat menggembirakan bagi pengguna OPPO di Indonesia sebagai salah satu negara pertama yang dapat menikmati ColorOS 11 versi BETA serta fitur-fitur terbarunya. 

“ColorOS mendapatkan feedback lebih dari 20 juta pengguna Indonesia, dan melalui kesempatan ini kami ingin memenuhi komitmen melalui ColorOS 11,” kata Aryo Meidianto.

ColorOS 11 sendiri menawarkan sebuah babak baru dalam UI Customization untuk membantu pengguna mewujudkan imajinasi dan meningkatkan pengalaman personalisasi mereka.

Pada pembaruan ini para pengguna dapat menciptakan Always-On Display, tema, dan wallpaper mereka sendiri, serta font, ikon, dan nada dering yang pengguna inginkan.

Pembaruan terbaru ini meningkatkan kemampuan Dark Mode dari stok Android dengan tiga skema warna dan tingkatan kontras.

Selain itu OPPO Relax 2.0 memungkinkan pengguna untuk membuat white noise mix (kombinasi suara yang menyamarkan kebisingan di lingkungan sekitar) sekaligus menawarkan beragam koleksi suara yang memikat dari berbagai kota di seluruh dunia.

​Sedangkan Design Project Lead OPPO ColorOS Lynn Ni mengatakan, fokus ColorOS 11 pada UI Customization berakar dari keinginan para pelanggan untuk merasakan pengalaman pengguna yang lebih personal dan unik.

“Tim ColorOS sangat memperhatikan masukan-masukan dari para pengguna untuk merancang UI customization yang lebih baik dan menawarkan pengalaman pengguna yang mencakup lebih banyak fitur,” kata Lynn Ni.

“Dengan begitu kami memberikan keleluasaan bagi para pengguna untuk mendemonstrasikan kreativitas dan mengontrol ponsel mereka,” ungkap Lynn Ni.

​ColorOS 11 dilengkapi dengan fitur-fitur tangguh yang dapat meningkatkan efisiensi kerja dan kehidupan sehari-sehari.

Salah satunya adalah Three-Finger Translate yang didukung oleh Google Lens, fitur pertama yang dirancang bersama oleh OPPO dan Google.

Fitur ini dapat menangkap dan menerjemahkan teks melalui screenshot yang diambil dengan gerakan tiga jari.

​Sedangkan Flexdrop yang merupakan fitur baru memberikan solusi mudah dan intuitif untuk multi-tasking.

Pengguna dapat menonton video dan mengetik pesan secara bersamaan, fitur ini sangat berguna khususnya bagi para gamer dan penggrmar video.

Pengguna bahkan dapat beralih di antara aplikasi dan mengontrol berbagai perangkat smart home melalui menu Device Control tanpa harus mengunduh aplikasi baru.

​Untuk memaksimalkan ketersediaan baterai, fitur Super Power Saving Mode terbaru memungkinkan pengguna memilih enam aplikasi penting untuk dijalankan dalam keadaan low-battery.

Selain itu, Battery Guard merupakan sebuah fitur yang berangkat dari kepedulian masyarakat Indonesia di mana dapat mencegah kerusakan akibat pengisian daya yang berkepanjangan pada voltase daya yang tidak stabil dengan mempelajari kebiasaan pengguna.

Fitur ini dengan cerdas menghentikan pengisian daya apabila sudah mencapai 80% di malam hari, sebelum melanjutkan untuk mengisi daya sampai penuh pada saat pengguna bangun.

​Meskipun frekuensi gambar yang tinggi merupakan kemajuan industri yang positif, namun seringkali ponsel mengalami lagging.

Untuk mengatasi ini, ColorOS 11 telah memperkenalkan UI First 2.0 yang menggabungkan mesin lag-reduce milik OPPO dengan Quantum Animation.

Hal ini meningkatkan pemanfaatan RAM sebesar 45%, memperbaiki tingkat respons hingga 32%, dan kecepatan frame rate sebesar 17%.

​Sementara itu AI App Preloading mempelajari perilaku pengguna dengan mempersiapkan aplikasi yang paling sering digunakan untuk mengurangi waktu loading.

SuperTouch juga dengan cerdas mengidentifikasi skenario pengguna dan mengoptimalkan kecepatan respon sentuh yang sesuai, serta meningkatkan kelancaran sistem.

​ColorOS 11 juga menggabungkan opsi privasi stock Android 11 yang baru ditambahkan sekaligus membuat serangkaian fitur perlindungan privasi dan keamanan data tambahan. 

Private System membuat sebuah sistem terpisah, di mana versi kedua aplikasi dan data berjalan independen dari aslinya, dan hanya dapat diakses melalui pemindaian sidik jari atau kata sandi terpisah.

Shortcut baru pada App Lock memungkinkan pengguna mengunci aplikasi melalui kata sandi, sidik jari, atau verifikasi wajah.

Sistem perizinan juga telah ditingkatkan, dengan izin sementara yang mengatur ulang kamera, mikrofon, dan akses lokasi saat aplikasi ditutup.

Sementara itu, izin pengaturan ulang otomatis mengembalikan pengaturan izin aplikasi ke default jika sudah tidak digunakan dalam waktu yang lama.

Untuk mencegah aplikasi berbahaya mengakses data aplikasi lain, storage restricts apps membatasi akses aplikasi ke data ponsel dan meminta izin pengguna untuk mengaksesnya.

​Peluncuran versi beta ColorOS 11 mengundang para penggiat teknologi untuk menjelajahi fitur-fitur baru dan memberikan masukan, untuk versi resminya akan menyusul dalam beberapa minggu mendatang.

ColorOS 11 akan dirilis dengan beberapa tahapan, dimulai dengan Find X2 Series dan Reno3 Series.

Peluncuran lengkap akan mencakup lebih dari 28 ponsel, termasuk seri Find, Reno, F, K, dan A.​ (BRH /RLS)