TNI AD dan Tentara AD Singapura Latihan Bersama di Bandung

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Kepala Staf Kodam (Kasdam) III/Siliwangi Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P, buka secara resmi melakukan kegiatan Latihan Bersama Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat dan Tentara Angkatan Darat Singapura, Senin, (30/11/2020), di salah satu Hotel di jalan Otto Iskandar Dinata, kota Bandung.

Dalam acara pembukaan latihan bersama hadir, Kepala Staf AD Singapura, KASDIV 3 SAF (Singapore Armed Forces), Atase Darat RI untuk Singapura dan Atase AD Singapura di Jakarta, Danbrigif 15/ Kujang II Kodam III/Siliwangi dan Danbrigif 3 AD Singapura, para Wakil Asisten Kasdam III/Siliwangi, dan Wakakesdam III/Siliwangi.

Kasdam III/Slw mengatakan, Latihan Bersama (Latma) antara TNI AD dengan Tentara AD Singapura yang diberi nama Singapore Armed Forces Kartika Indopura (Safkar) sudah berlangsung sejak 1989, dan telah dilaksanakan secara rutin pada setiap tahun, dan pada Senin, (30/11/2020), merupakan latihan bersama yang ke-32.

“Kegiatan Safkar ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan kerja sama persahabatan yang lebih erat antara TNI AD dan Tentara AD Singapura, juga, membangun hubungan yang lebih baik antara Tentara Nasional Indonesia dengan Singapura yang dilandasi rasa saling percaya dan saling menghormati antara Prajurit TNI AD dan Tentara AD Singapura,” kata Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo.

“Selain itu tak kalah pentingnya, kegiatan ini untuk meningkatkan kerja sama bilateral pemberian bantuan ke suatu negara untuk menangani pandemi Covid-19 yang saat ini masih belum dapat teratasi sepenuhnya,” kata Kasdam III/Siliwangi.

Pelaksanaan Latihan Bersama Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat dan Tentara Angkatan Darat Singapura, dimulai Senin 30 November hingga 3 Desember 2020.

Sedangkan pemilihan materi menggunakan dengan metode Table Top Exercise (TTX) menggunakan aplikasi Cisco Webek yang melibatkan jajaran staf Brigif 15/Kujang II dan Brigade Infanteri 3 Singapura beserta Staf dan Batalyon jajarannya.

Kasdam III/Slw berharap, bagi para penyelenggara dan pendukung latihan serta semua pihak terkait agar melaksanakan tugasnya masing-masing dengan penuh rasa tanggung jawab, sehingga pelaksanaan dapat berjalan dengan tertib, aman, lancar dan tujuan serta sasaran latihan dapat tercapai, “Selamat Berlatih,” tegas Kasdam III/Slw. (Pendam III/Siliwangi).