Yudi Nurul Ihsan Layak Menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran (Unpad) Dr. sc. agr. Yudi Nurul Ihsan, S.Pi., M.Si., dinilai layak menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo yang terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), hal ini ditegaskan Tokoh Jawa Barat Eka Santosa, Selasa, (1/12/2020), di Bandung.

“Saya kira peluang Yudi Nurul Ihsan menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan cukup tinggi, karena saya kenal baik Yudi Nurul Ihsan secara pribadi, integritas, akademis dan penguasaan dalam hal kemaritiman, wawasan dan praktik inovasinya cukup handal dan teruji,” tegas Eka Santosa, Sudah saatnya Menteri Kelautan dan Perikanan diisi oleh kalangan Akademisi,” ujarnya.

“Saya sudah mendengar langsung segudang inovasi dari Yudi Nurul Ihsan tentang bagaimana membuka potensi kelautan kita dengan lebih serius, tanpa dibumbui banyak unsur politik,” ungkap Eka Santosa.

“Contohnya, bertambahnya anggaran tahunan untuk Kementerian Kelautan dan Perikanan, jangan seperti sekarang yang hanya sekitar Rp.6 triliun, jadi anggaran harus bertambah, sehingga KKP mampu memunculkan keunggulan kemaritiman kelas dunia,” kata Eka Santosa.

“Untuk mencapai hal ini KKP butuh anggaran yang sangat besar setara dengan Kementerian Pertanian yang anggarannya per tahun sekitar Rp.15 triliun, maka saya yakin Yudi Nurul Ihsan tahu persis bagaimana jurus jitu memajukan kemaritiman Indonesia,” tegas Eka Santosa.

“Maka saya usulkan Yudi Nurul Ihsan menempati pos Menteri Kelautan dan Perikanan apabila dalam waktu dekat Presiden Joko Widodo melakukan Reshuffle,” kata Eka Santosa.

“Silahkan Presiden Joko Widodo menimbang-nimbang calon Menteri Kelautan dan Perikanan antara Susi Pudjiastuti, Yudi Nurul Ihsan, dan Sandiaga Uno,” kata Eka Santosa, “Tinggal kebesaran hati Partai Gerindra untuk melepas atau akan mengusulkan pengganti Edhy Prabowo,” pungkas Eka Santosa.

Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran
(Unpad) Dr. sc. agr. Yudi Nurul Ihsan, S.Pi., M.Si., sendiri merupakan Doctor degree (Dr) dalam bidang Marine Biogeochemistry, Christian Albrechts Universitaet zu Kiel, Germany, Master degree (M.Si) dalam bidang Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut, Institut Pertanian Bogor, dan Sarjana degree (S.Pi) dalam bidang Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor.

Saat ini Yudi Nurul Ihsan merupakan Penasihat Menteri Kelautan dan Perikanan RI bidang Lingkungan dan Sumberdaya Hayati, di tahun 2019 pernah menjadi Ketua Tim Ahli Jabar Juara bidang Kelautan dan Perikanan, dan di tahun 2018 pernah menjadi Ketua Tim Optimasi dan Singkronisasi Jabar Juara bidang Kelautan dan Perikanan.

Yudi Nurul Ihsan hingga saat ini menjadi anggota Indonesian Biodiversity Communi dan anggota Asian Fisheries Society.

Puluhan buku karya Yudi Nurul Ihsan telah dipublikasikan, dan Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran ini banyak memiliki pengalaman internasional. (BRH)