Hino Gelar Seminar Nasional Peduli Keselamatan Berlalu lintas

ARCOM.CO.ID ,Jakarta. (20/4/2021). PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) bersama Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan didukung oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, menggagas seminar online bertajuk, “Hino Peduli Keselamatan Berlalu Lintas”, (20-23/4/2021).

Acara ini digelar guna memberikan informasi keselamatan dan keamanan dalam berkendara untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas.

Dalam seminar yang dihadiri secara daring oleh Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono dan Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi, bergabung sebanyak 686 peserta dari 354 perusahaan yang terbagi dalam 4 batch seminar yang dimulai 20 April hingga 23 April 2021.

Chief Operating Officer (COO)-Direktur HMSI Santiko Wardoyo mengatakan, keselamatan saat berkendara merupakan hal yang sangat penting, sehingga pihaknya terus dan secara berkala mengadakan pelatihan-pelatihan dan seminar guna mendukung program keselamatan di jalan.

“Melalui seminar ini, kami turut mengajak pengemudi dan seluruh lapisan perusahaan untuk menjadi Pelopor Keselamatan Berlalu lintas dengan melaksanakan siap menaati peraturan lalu lintas, kemudian siap kondisi pengendara, dan siap kondisi kendaraannya,” kata Santiko Wardoyo.

​Seminar Hino Peduli Keselamatan Berlalu lintas dilaksanakan secara nasional, di mana hari pertama peserta yang merupakan pengemudi atau tim operasional dari pelanggan setia Hino baik truk maupun bus hadir dari area Jabotabek dan Jabar.

Batch kedua digelar untuk para peserta yang hadir dari wilayah Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Sedangkan hari ketiga para peserta hadir dari area Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali.

Di hari ke empat atau penutupan peserta hadir dari wilayah Sumatera.

Selama empat hari seminar digelar, para peserta diberikan materi pelatihan dari dua narasumber, yaitu KNKT yang di wakili oleh Senior Investigator Ahmad Wildan yang memaparkan mengenai hasil investigasi kecelakaan yang terjadi dan temuan penyebab terjadinya kecelakaan.

Sementara itu Hino memberikan informasi terkait dengan pemeriksaan harian kendaraan sebelum beroperasi, prosedur pengereman yang baik dan benar, serta tindakan ketika berada dikondisi darurat.

​“Terima kasih kami ucapkan kepada Hino yang sudah memenuhi standar pelatihan bagi pengemudi, dan juga Hino mau berdiskusi untuk terus mengedepankan keselamatan di jalan,” kata Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono.

“Karena peran pengemudi sangat vital bagi kehidupan kita sehari-sehari, terutama dalam menggerakan perekonomian,” ujar Soerjanto Tjahjono.

“Untuk itu diharapkan dengan seminar ini, kita berbagi informasi mengenai penyebab kecelakaan, sehingga dapat diambil pelajaran, dan ke depannya dapat dicegah agar tidak terulang kembali,” kata Soerjanto Tjahjono.

“Untuk itu, dengan materi yang diberikan oleh KNKT dan Hino, teman-teman pengemudi dapat memperoleh ilmu dan membagikannya ke pada teman-teman lainnya, sehingga keselamatan dijalan terus terjaga,” pungkas Soerjanto Tjahjono.

​Sedangkan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan, dirinya melihat komitmen dan concern Hino dari awal dengan beberapa program dan kegiatan yang diluncurkan untuk kepentingan masyarakat, terutama untuk meningkatkan aspek keselamatan di jalan yang merupakan salah satu fokus pemerintah.

“Untuk itu saya ucapkan terima kasih atas apa yang dilakukan oleh Hino dalam rangka meningkatkan kualitas dijalan, terutama dalam mengedukasi, mengkampanyekan dan mensosialisasikan pentingnya keselamatan di jalan,” pungkas Budi Setiyadi.

Dalam seminar ini turut diperkenalkan kepada para peserta seminar layanan pelatihan customer secara online berbasis web yang memudahkan bagi pelanggan setia Hino untuk bisa training kapanpun dan dimanapun, karena​ Hino Customer Web Learning System memudahkan dan memanjakan customer setia Hino yang ingin mendapatkan pelatihan baik itu bagi pengemudi ataupun mekanik di perusahaan mereka agar mendukung operasional bisnis mereka menjadi lebih mudah.

Hino Customer Web Learning System memiliki fitur yang memudahkan pelanggan untuk melakukan training untuk belajar kapanpun dan di manapun, karena dalam web ini customer setia Hino dapat memilih pelatihan yang ingin mereka ikuti seperti driver training, mechanic training, certification, dan Hino Academy.

Customer dapat mengisi form untuk mengikuti pelatihan dengan jadwal yang dapat disesuaikan, karena di dalam Hino Customer Web Learning System, customer dapat melihat jadwal pelatihan yang akan digelar, informasi produk, tips perawatan kendaraan dan berita-berita terbaru dari Hino Indonesia. (BRH / RLS)