PT MBM Fokus Jalin Kemitraan Budidaya Lebah Madu Klanceng dengan para Mitranya

ARCOM.CO.ID ,Kabupaten Bandung Barat. PT Mahakarya Berkah Madani (PT MBM) hingga saat ini tetap eksis jalin kemitraan budidaya Lebah Madu Klanceng dengan para mitranya walaupun di masa Pandemi Covid-19.

Hal ini terungkap saat Media Gathering sekaligus Press Conference Kaleidoskop Perkembangan PT Mahakarya Berkah Madani, Selasa, (4 /5/2021), di Kantor PT MBM Komplek Parahyangan Permai No.7 Ciwaruga Parongpong Kabupaten Bandung Barat, kegiatan ini sendiri dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Hadir dalam kesempatan ini, Direktur PT MBM Mada Purna Wijaya S.E., Pimpinan Cabang PT MBM Bandung Saepul Barkah, S.Pd., General Manager PT MBM Cirebon Hasri S.E., dan Manager Marketing PT MBM Iyos.

Seperti diketahui, PT Mahakarya Berkah Madani yang berlokasi di Jalan Parahyangan Permai Blok K No.7 Parongpong Kabupaten Bandung Barat merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang budidaya lebah klanceng penghasil madu berkualitas tinggi.

“Berbeda dengan madu lain, madu yang dihasilkan oleh Lebah Klanceng atau dalam bahasa latinnya disebut Levicep Trigona memiliki sejumlah keunggulan, di antaranya kaya akan nutrisi, vitamin, mineral dan enzim yang sangat membantu dalam memulihkan stamina dan perbaikan sel tubuh,” kata Direktur PT MBM Mada Purna Wijaya di awal paparannya.

“Kandungan propolis dan bee pollen Madu Klanceng sangat tinggi, dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh serta terapi berbagai penyakit berat,” ungkap Mada Purna Wijaya.

“Selain itu madu klanceng dari bunga matahari dipercaya sebagai antioksidan kuat yang bisa melawan radikal bebas di dalam tubuh,” ujar Mada Purna Wijaya.

“Madu ini juga memiliki fungsi sebagai anti bakteri, antibiotik dan anti peradangan, bahkan mampu mengurangi kolestrol LDL dan mencegah hipertensi,” kata Mada Purna Wijaya.

“Selain itu madu dari Lebah Klanceng Trigona ini sangat disarankan bagi para penderita diabetes mellitus atau kencing manis,” pungkas Mada Purna Wijaya.

Sedangkan General Manager PT MBM Cirebon Hasri mengungkapkan, menurut hasil penelitian, 100 gram Madu Klanceng memiliki energi setara dengan 50 butir telur ayam.

“Dengan kandungan yang dimiliki, Madu Klanceng, banyak dipergunakan oleh industri obat-obatan dan kosmetika baik di dalam maupun luar negeri,” kata Hasri.

“Karena memiliki banyak manfaat, harga madu klanceng pun cukup tinggi, bahkan permintaannya pun semakin meningkat dari tahun ke tahun,” ujar Hasri.

“Oleh karena itulah PT Mahakarya Berkah Madani menjalin kemitraan dengan masyarakat untuk membudidayakan Lebah Madu Klanceng ini,” tegas Hasri.

“Masyarakat yang berminat membudidayakan lebah madu klanceng trigona, bisa membeli satu stup bibit lebah madu klanceng seharga Rp.1,2 juta,” kata Hasri.

“Setelah masa pemeliharaan lebah selama empat bulan, Madu Klanceng yang dihasilkan akan dibeli kembali oleh PT Mahakarya Berkah Madani dengan keuntungan bagi pembudidaya sebesar Rp.400.000 untuk setiap stup,” ujar Hasri.

“Dengan perjanjian diatas materai PT MBM menjamin akan membeli setiap tetes madu klanceng yang dihasilkan oleh para mitranya,” pungkas Hasri.

Selain keuntungan dari penjualan Madu Klanceng, para mitra juga diberikan kesempatan untuk menjadi agen.

Agen adalah perwakilan penjualan stup lebah madu klanceng di setiap Kecamatan, dalam hal ini satu Kecamatan dibatasi hanya boleh ada satu agen Madu Klanceng PT. MBM.

Syarat menjadi agen adalah mitra harus memiliki minimal 50 stup lebah Madu Klanceng yang digunakan sebagai percontohan bagi mitra lain.

Agen mendapatkan keuntungan dari penjualan stup lebah Madu Klanceng sebesar Rp.60.000 untuk setiap stup yang terjual.

Selain agen ada juga mini agen yang diberikan hak untuk memasarkan stup lebah Madu Klanceng kepada calon mitra.

Mini agen mendapatkan keuntungan Rp.30.000 untuk setiap stup lebah madu klanceng yang terjual.

Persyaratan menjadi mini agen adalah, mitra harus memiliki minimal 10 stup lebah Madu Klanceng.

“Tidak perlu keahlian khusus untuk membudidayakan Lebah Madu Klanceng Trigona ini,” ungkap Pimpinan Cabang PT MBM Bandung Saepul Barkah.

“Stup atau kotak kandang Lebah Trigona cukup diletakan di sekitar rumah, dan lebah pun akan terbang mencari makan sendiri hingga menghasilkan madu di dalam stup tersebut,” kata Saepul Barkah.

“PT MBM memberikan garansi akan mengganti jika ada bibit lebah yang mati, dengan bibit Lebah Trigona yang baru tanpa harus membeli lagi,” kata Saepul Barkah.

“PT MBM perusahaan kemitraan yang sangat aman nyaman bagi mitra, berbeda dengan kemitraan ternak lainya, karena berbadan hukum jelas, ada produknya seperti madu, sabun dan kosmetik, dan produk ini akan di ekspor ke luar negeri juga dipasarkan di pasar lokal,” tegas Saepul Barkah.

“PT MBM akan menjaga komitmen bersama mitra untuk menghasilkan madu terbaik dan memberikan keuntungan bagi mitra atau masyarakat yang bergabung bersama kemitraan PT MBM,” pungkas Saepul Barkah.

Selain di Jawa khususnya kota Bandung, PT MBM terus memperluas jaringan cabangnya di seluruh Indonesia mulai dari Sumatera dengan cabangnya di Kota Palembang dan Pekanbaru Riau.

Setelah Sumatera, PT MBM juga akan membuka cabang lain di Kalimantan Dan Sulawesi. (BRH)