Yoel Yosaphat: Rumah Sakit Kesulitan Oksigen, Pemkot Bandung Harus Sigap

ARCOM.CO.ID ,Bandung, (14/7/2021). Seperti diketahui, dengan membludaknya pasien Covid-19 di Rumah Sakit (RS), saat ini terjadi fenomena kelangkaan oksigen.

Ketua DPD PSI Kota Bandung yang juga anggota DPRD Kota Bandung di Komisi D Yoel Yosaphat, mengatakan, saat ini oksigen masih menjadi kebutuhan yang mendesak.

“Hasil kami melakukan Ronda Solidaritas selama seminggu terakhir ke 13 Rumah Sakit yang ada di kota Bandung, kami menemukan masih ada beberapa Rumah Sakit yang terkendala dengan stok oksigen,” ungkap Yoel Yosaphat seusai mengunjungi Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Rabu, (14 /7/2021).

“Memang minggu lalu sudah ada bantuan oksigen dari luar daerah, hari ini juga ada, tapi distribusinya masih menjadi tantangan,” ujar Yoel Yosaphat.

“Saat ini, semua pihak bergerak sendiri-sendiri, di lapangan Rumah Sakit berebut oksigen dengan masyarakat umum,” ungkap Yoel Yosaphat.

“Distribusi oksigen ke berbagai Rumah Sakit harus menjadi perhatian serius bagi pemerintah, bahkan jika memungkinkan, pemerintah sebaiknya menambah fasilitas generasi oksigen,” tegas Yoel Yosaphat.

“Saat ini distribusi oksigen masih berjalan menurut pasar, ditarik oleh berbagai pihak dengan kepentingan masing-masing, ini yang jadi akar masalah oksigen saat ini, maka Pemerintah harus melakukan intervensi,” tegas Yoel Yosaphat.

Lebih lanjut Yoel Yosaphat menghimbau masyarakat untuk tidak menimbun atau membisniskan oksigen.

“Tindakan mengambil lebih untuk dijual atau untuk cadangan pribadi tanpa memikirkan orang lain adalah tindakan yang egois, kita bersama-sama mengalami pandemi, seharusnya kita juga bersama-sama menghadapinya,” pungkas Yoel Yosaphat. (BRH / RLS)