Masyarakat Cibeunying-Cimenyan Laksanakan Sholat Ied dengan Khidmat

ARCOM.CO.ID ,Kabupaten Bandung. Dalam kesederhanaan dan penuh khidmat, kaum muslimin dan muslimat warga masyarakat Bojong Kacor dan sekitarnya di Kelurahan Cibeunying Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung memadati pelaksanaan Sholat Ied yang bertempat di lapangan Tenis PDAM Reservoir IX Cikutra jalan Awiligar Bojong Kacor Kabupaten Bandung, (2/5/2022).

Terlihat masyarakat antusias dan berbondong bondong menuju lokasi Sholat Ied, “Alhamdulillah di tahun ini kita bisa kembali bersama-sama melaksanakan Sholat Ied di lapangan terbuka yang selalu dirindukan kaum muslimin dan muslimat warga masyarakat di manapun berada, yang mungkin kurang lebih tiga tahun ini kita melaksanakanya di Masjid dikarenakan wabah pandemi Covid 19,” kata Tokoh Masyarakat yang juga Pembina Bobotoh PAM Cibeunying, Drs H. Wawan Dermawan, MAP.

Persiapan pun dilaksanakan penuh semangat dari para pemuda karang taruna (BARKODJI), dan juga para Pengurus RT/RW 01 Bojong Kacor sejak pembuatan garis pembatas Sholat hingga pemasangan tenda dan pengerjaan pembersihan rumput ilalang di area lapangan agar masyarakat nyaman dan tertib.

Sedangkan Ir. H. Kusdianto selaku Ketua Pelaksana Sholat Ied (PPSI) yang diwakili Sekertarisnya Ustad Agus Juarsa menyampaikan beberapa hal terkait pelaksanaan Sholat Ied.

Pada sambutanya sebelum pelaksanaan Sholat dan khutbah di mulai, Ustad Agus Juarsa menyampaikan, setelah para panitia pelaksana berkoordinasi dengan Babinkamtibmas, serta Gugus Tugas Covid 19 di Kelurahan Cibeunying-Cimenyan Kabupaten Bandung, akhirnya pelaksanaan Sholat Idul Fitri dapat dilaksanakan di lapangan terbuka.

“Kami menghimbau kepada seluruh jamaah untuk tetap menjalankan prokes dengan membawa sajadah masing-masing dan juga tetap menggunakan masker walau pandemi Covid -19 khususnya di wilayah Kelurahan Cibeunying Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung sudah memasuki zona hijau,” kata Ustad Agus Juarsa.

“Saya menyampaikan rasa terima kasih kepada jajaran staf dan pimpinan Reservoir IX PDAM Tirtawening Bandung atas izin tempatnya untuk digunakan pelaksanaan Sholat Iedul Fitri satu Syawal 1443 Hijriyah,” kata Ustad Agus Juarsa.

“Kita istiqomah menjalankan Sholat Ied dengan khidmat sesuai dengan apa yang telah dicontohkan oleh Baginda Rasul, semoga pandemi Covid 19 ini menjadi pelajaran bagi kita untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah Yang Maha Kuasa, dan semoga wabah Covid 19 ini segera usai dan berlalu,” pungkas Ustad Agus Juarsa.

Sedangkan Ustad Chepy Ahmad Heryandi, S.Ag., selaku Imam/Khotib menyampaikan dalam Khutbahnya tentang penanaman untuk menahan makan, minum serta Jima di sebut Shiyam dan shaum, “Hanya saja di Bulan Ramadhan disebutkan dengan Shiyam, artinya secara tersendiri Shiyam memiliki maksud yang istimewa, dan secara struktural Shiyam memiliki arti perilaku,” ujarnya.

“Bagi yang Shiyam memiliki dua kebahagiaan, yaitu kebahagiaan ketika berbuka, dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Robbnya yakni Allah SWT,” kata Ustad Chepy Ahmad Heryandi.

“Shiyam mendidik seseorang berlaku jujur, artinya yang tahu Shiyam hanya dirinya dengan Allah SWT, di sini diperlukan kejujuran dan benarnya iman seseorang, sehingga dalam beraktifitasnya Ia selalu menghadirkan Allah SWT dan selalu menjadi teman untuk berkomunikasi, yaitu melalui doa,” kata Ustad Chepy Ahmad Heryandi.

Ustad Chepy Ahmad Heryandi di akhir khotbahnya juga membahas tentang hidup Zuhud, “Hidup Zuhud yaitu meninggalkan urusan-urusan yang tidak bermanfaat untuk kehidupan Akhirat, artinya segala aktifitas kita terorientasi untuk kepentingan Akhirat,” pungkasnya. (FJR)