Printemps Francais 2014 Hadirkan 7 Pertunjukan di Kota Bandung

IMG_20140514_104106

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Festival Printemps Francais 2014 yang merupakan program seni-budaya terkini dari Prancis akan menghadirkan 7 pertunjukan seni di kota Bandung.

Hal ini terungkap dalam Konferensi Pers Printemps Francais 2014, Rabu, (14/5/2014), di Tower Lounge Hotel Sheraton jalan Ir. H. Juanda Bandung.

Turut hadir dalam Konferensi Pers, Direktur Institut Francais Indonesia (IFI) Bandung Louis Presset, Koreografer asal Prancis Frank Micheletti, Direktur Jendela Ide Marintan Sirait, Koordinator Klab Klasik Syarif Maulana, dan Penanggung Jawab Bidang Budaya dan Komunikasi IFI Bandung Ricky Arnold.

“Festival Printemps Francais 2014 akan mengeksplore dan Mendiscover artis-artis dari Prancis”, kata Direktur IFI Bandung Louis Presset di awal paparannya, “Acara ini bukan hanya menampilkan artis dari Prancis saja, tetapi mereka akan berkolaborasi dengan artis Indonesia”, ujarnya, “Akan ada banyak ide yang muncul dari festival ini”, tegasnya.

“Salah satu kolaborasi artis Prancis dan Indonesia adalah pertunjukan teater dan sirkus dengan menampilkan David Bobee dan Sha Ine Febriyanti”, kata Louis.

“Ke depannya kami siap memberangkatkan artis asal Indonesia ke Prancis asalkan ada penyandang dananya”, kata Louis di akhir paparannya.

Penanggung Jawab Bidang Budaya dan Komunikasi IFI Bandung Ricky Arnold mengatakan bahwa Festival Printemps Francais bukan yang pertama di gelar di kota Bandung, “Tahun 2013 lalu penyanyi asal Bandung Sarasvati berkolaborasi dengan artis asal Prancis”, kata Ricky.

“Festival Printemps Francais 2014 akan dibuka Kamis, tanggal 15 Mei di IFI Bandung jalan Purnawarman mulai pukul lima sore, dengan menampilkan eksperimen seni bertajuk Constellation”, ujar Ricky, “Acara pembukaan hanya berlangsung di kota Bandung”, ungkapnya.

“Constellation merupakan projek kolaborasi yang dibuat untuk merespon Bandung dan Indonesia”, Kata Ricky, “Karya ini diciptakan secara langsung di kota Bandung”, ujarnya.

Lebih lanjut Ricky menjelaskan tentang pertunjukan Kubilai Khan, “Pertunjukan ini akan menampilkan tata cahaya yang sangat Magic”, kata Ricky.

“Beberapa pertunjukan di Festival Printemps Francais 2014 akan menampilkan manipulasi panggung yang cukup ekstrem dan memakai cahaya redup”, ungkap Ricky.

“Festival Printemps Francais 2014 akan menghadirkan pertunjukan Les Remouleurs, yaitu Shadow Puppet yang diciptakan di Thailand dengan manipulasi cahaya dan lebih optis”, kata Ricky.

“Selain itu akan ada penampilan band Dissonant Nation dengan produsernya Richard Woodcraft yang merupakan Produser Radiohead dan Arctic Monkeys”, kata Ricky di akhir penjelasannya.

Festival Printemps Francais 2014 merupakan festival skala nasional yang menyuguhkan tari, musik, sirkus kontemporer, dan fotografi.

Festival Printemps Francais 2014 berlangsung di 11 kota, yaitu Bali, Balikpapan, Banda Aceh, Bandung, Jakarta, Makassar, Malang, Medan, Semarang, Surabaya, dan Yogyakarta.

Kota Bandung sendiri mendapat kehormatan menjadi kota pembuka Festival Printemps Francais 2014, diharapkan dengan adanya festival ini akan tercipta kolaborasi artistik seniman Prancis dan seniman Bandung dari berbagai genre dan generasi.

Berikut jadwal 7 pertunjukan Festival Printemps Francais 2014 di kota Bandung: Kamis (15/5/2014) pukul 17.00-23.00, pertunjukan Constellations, tempat: IFI Bandung jalan Purnawarman.

Sabtu (17/5/2014) pukul 19.30, pertunjukkan Kubilai Khan Investigations, tempat: Teater Tertutup Taman Budaya jalan Bukit Dago Selatan.

Kamis, (29/5/2013) pukul 19.30, pertunjukan Gabriel Bianco, tempat: Auditorium IFI Bandung jalan Purnawarman.

Selasa, (3/6/2014), pukul 19.00, pertunjukan DJ Kantes & VJ Systaime, tempat: Southbank Gastrobar jalan Aceh.

Jumat (6/6/2014) pukul 19.30, pertunjukan David Bobee dan Sha Ine Febriyanti “Drop”, tempat: Teater Tertutup Taman Budaya jalan Bukit Dago Selatan.

Selasa, (10/6/2014), pukul 19.30, pertunjukan Dissonant Nation, tempat: Auditorium IFI Bandung jalan Purnawarman.

Kamis, (19/6/2014), pukul 19.30, pertunjukan Les Remouleurs “Frontieres”, tempat: Auditorium IFI Bandung jalan Purnawarman. (Bagoes Rinthoadi)