Film “Aku” Meraih Juara Pertama Lomba Produksi Film Televisi MQTV

IMG_20140521_101925ARCOM.CO.ID ,Bandung. MQTV selaku penyelenggara Lomba Produksi Film Televisi Piala Gubernur Jawa Barat, akhirnya mengumumkan film “Aku”, karya SMKN 1 Anjatan Indramayu sebagai juara pertama Festival Fim Pendek Pelajar SMA / SMK se-Jawa Barat 2014.

Pengumuman pemenang Festival Fim Pendek Pelajar SMA / SMK se-Jawa Barat 2014 piala Gubernur Jawa Barat berlangsung, Rabu, (21/5/2014), di Aula Barat Gedung Sate jalan Diponegoro Bandung.

Turut hadir dalam acara ini Direktur MQTV Eka Budiman Sumadji, Asisten Kesejahteraan Rakyat Pemprov Jabar Ahmad Hadadi, dan para finalis.

“Peserta yang mengikuti Festival Fim Pendek ini berjumlah 170 peserta dan akhirnya diseleksi menjadi 124 peserta”, kata Direktur MQTV Eka Budiman Sumadji di awal sambutannya, “Akhinya hanya terpilih tujuh finalis dan akan dipilih tiga pemenang”, katanya.

Ketiga finalis Festival Fim Pendek Pelajar SMA / SMK se-Jawa Barat 2014 diantaranya, SMKN 1 Anjatan Indramayu dengan film “Aku” (juara pertama), SMKN Pasim Plus Sukabumi dengan film “Ustadzah – Islam Itu Indah” (juara kedua), dan TV Komunitas STIKOM Bandung dengan film “Alif” (juara ketiga).

Dalam sesi wawancara, Direktur MQTV Eka Budiman Sumadji mengatakan bahwa sebenarnya nama acara festival film pendek ini belum fix, “Akhirnya acara ini kita beri nama lomba produksi film televisi tingkat SMA, SMK se-Jawa Barat”, kata Eka.

“Awalnya kami ingin membuat festival film pendek, secara umum di seluruh Jawa Barat”, kata Eka, “Tetapi karena MQTV menerima siswa magang dari SMA dan SMK se- Jabar bahkan di luar Jabar, akhirnya tercetus ide membuat lomba film pendek tingkat SMA dan SMK”, ujarnya, ” Ternyata ada peserta dari mahasiswa masuk, akhirnya pesertanya saat ini kita bebaskan dahulu”, ungkapnya.

Lebih lanjut Eka mengatakan bahwa lomba produksi film televisi digelar sebagai awal agar MQTV memiliki konten-konten bagus terutama dari SMA dan SMK.

Mengenai jumlah peserta Eka mengungkapkan bahwa peserta membludak hampir 170 peserta, “Namun yang kita nilai 124 peserta, karena selebihnya bukan film pendek, tetapi menceritakan Company Profile sekolah masing masing”, katanya.

“Sebanyak 124 peserta kita nilai dari internal MQTV, akhirnya menjadi 7 finalis”, kata Eka, “Dalam penjurian kita dibantu oleh Sutradara Fredy Aryanto dari Dapur Film”, ujarnya.

“Karena saat ini pemenang mendapat piala Gubernur Jabar, maka rencana ke depan, MQTV akan membuat festival film pendek dan acara lain yang lebih besar”, kata Eka, “Mudah-mudahan yang ikut tetap pelajar, mahasiswa, SMA dan SMK”, ujarnya.

“Pemenang Festival Fim Pendek Pelajar SMA / SMK se-Jawa Barat 2014 akan kita tayangkan di MQTV menjelang bulan Ramadhan”, ungkap Eka, “Termasuk para finalis dan beberapa peserta akan ditayangkan juga di MQTV”, tegasnya.

“MQTV untuk ke depannya akan membuat lomba program film televisi berupa Talkshow dan Feature”, kata Eka di akhir paparannya. (Bagoes Rinthoadi)