IKAPI Jabar Wakafkan 40.000 Buku Senilai 1 Miliar

IMG_20140612_232115ARCOM.CO.ID ,Bandung. Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Jawa Barat menggelar peringatan Hari Buku Nasional (HBN) 2014 dengan agenda pemecahan rekor MURI wakaf buku sebanyak 40.000 eksemplar dan membaca serempak sebanyak 50.000 orang.

Hal ini terungkap dalam Konferensi Pers IKAPI Jabar, Sabtu, (7/6/2014), di kantor IKAPI Jabar jalan Inggit Garnasih (Ciateul) Bandung.

Turut hadir dalam acara ini Pengurus Diklat Informasi IKAPI Jabar sekaligus seksi acara Hari Buku Nasional (HBN) 2014 Idham Fitriadhi dan Anggota IKAPI Jabar sekaligus seksi acara HBN 2014 Dhipa Galuh.

“Acara puncak Hari Buku Nasional (HBN) 2014 untuk kota Bandung akan digelar hari Minggu 7 Juni 2014 bertempat di Lapangan Tegallega Bandung”, kata Idham Fitriadhi di awal paparannya.

“Dalam acara ini kami mencoba memecahkan rekor MURI wakaf buku sebanyak 40.000 eksemplar”, kata Idham, “Saat ini pemegang rekor MURI wakaf buku masih dipegang kota Batam dengan 24.058 eksemplar buku”, ujarnya.

“Acara Hari Buku Nasional (HBN) 2014 di Tegallega akan menghadirkan lebih dari 40 ribu masyarakat dan siswa sekolah”, kata Idham, “Rencananya Walikota Bandung Ridwan Kamil akan hadir”, ujarnya.

“Agenda HBN di Tegallega diantaranya akan diisi paduan suara 400 anak dari 40 Sekolah Dasar, mereka akan menyanyikan lagu tentang buku”, kata Idham, “Selain itu akan ada tumpeng buku, deklarasi pelajar, lomba menggambar, lomba membaca buku, lomba membuat buku dari bahan bekas, dan lomba menulis surat buat Walikota Bandung”, ujarnya, “Acara ini sifatnya bukan mencari keuntungan”, tegasnya.

“Semua kegiatan ini digelar dalam rangka upaya kota Bandung menuju ibukota buku sejagat atau World Book Capital di tahun 2017”, kata Idham, “Tahun 2013 gelar ibukota buku sejagat dimenangkan oleh kota Bangkok”, ungkapnya, “Pemenang World Book Capital adalah kota yang selama satu tahun masif mengadakan kegiatan buku dan didukung oleh pemerintah dan masyarakat”, ujarnya.

“Ketika kota Batam menggelar kegiatan Rekor MURI wakaf buku, pemerintah kota Batamlah yang menggerakkan kegiatan tersebut, sedangkan kegiatan di kota Bandung yang menggerakkan adalah para penerbit”, ungkap Idham.

Ketua Panitia Hari Buku Nasional (HBN) 2014 Erwan Juhara dalam wawancara singkat mengatakan bahwa 40.000 buku yang akan diwakafkan senilai 1 miliar rupiah.

Kegiatan Hari Buku Nasional (HBN) 2014 yang berlangsung di kota Bandung murni gagasan dari IKAPI Pusat dan IKAPI Jawa Barat, pemerintah kota Bandung hanya memfasilitasi perijinan penggunaan Lapangan Tegallega saja, bahkan hampir saja panitia HBN 2014 dikenai biaya untuk penggunaan Lapangan Tegallega.

Untuk ke depannya Pemerintah kota Bandung dan Walikota Bandung diharapkan lebih peka dan perhatian dengan kegiatan yang terkait dengan pendidikan, dan jangan hanya mengeluarkan slogan-slogan tanpa aksi nyata. (Bagoes Rinthoadi)