Gatot Nurmantyo Lantik 299 Perwira Muda di Secapa

kasad2

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Gatot Nurmantyo selaku Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), berkesempatan menjadi inspektur upacara Prasetya Perwira sekaligus melantik 299 prajurit TNI menjadi Perwira Muda.

Hal ini terungkap dalam upacara Prasetya Perwira Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI AD Tahap I Gelombang I Tahun 2014, Sabtu, (9/8/2014), di Lapangan Wiradhika Secapa AD jalan Hegarmanah Bandung.

“Keberhasilan yang telah diraih hendaknya dapat menjadi sumber motivasi dan modal dasar dalam mengembangkan profesionalisme guna menyongsong tugas-tugas selanjutnya”, kata Gatot di awal pidato sambutannya.

“Perkembangan era globalisasi menuntut kehadiran perwira muda untuk segera menyesuaikan diri”, kata Gatot, “Perwira muda harus dapat menjawab tantangan dan ketidakpastian di segala aspek kehidupan dengan tetap memegang teguh jati diri TNI sebagai prajurit pejuang, prajurit rakyat, prajurit nasional, dan prajurit profesional”, tegasnya.

Lebih lanjut Gatot berharap para perwira muda kelak dapat menjadi perwira-perwira yang profesional, berkarakter, dapat diandalkan serta dibanggakan, “Perwira muda dituntut memiliki keunggulan intelektual yang diimbangi dengan integritas pribadi serta kesamaptaan jasmani yang prima”, tegasnya.

“Perwira muda harus menyadari bahwa tentara itu lahir dan tumbuh bersama rakyat”, tegas Gatot, “Kemanunggalan TNI dan rakyat merupakan prasyarat untuk meraih keberhasilan pelaksanaan tugas di masa mendatang”, ujarnya.

Dalam wawancara singkat dengan para wartawan, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Gatot Nurmantyo mengatakan bahwa para perwira muda harus bisa memberikan suri tauladan kepada anak buahnya.

“Yang paling penting adalah, bagaimana agar para perwira ini bisa memberikan tauladan, mencintai rakyatnya, dan dekat dengan rakyatnya, karena hal itu adalah kunci dari jati diri TNI”, kata Gatot.

“Sekarang ini yang saya lantik adalah 272 pria, dan 27 wanita, mereka adalah para perwira-perwira lapangan yang akan menempati kedudukan dan jabatan golongan 9”, ungkap Gatot, “Mereka akan ditempatkan di seluruh indonesia di berbagai kecabangan”, kata Gatot di akhir wawancara. (Bagoes Rinthoadi)