IKAPI Jabar Gelar Pameran Buku Bandung 2014

IKAPI JabarARCOM.CO.ID ,Bandung. Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Jawa Barat di akhir Agustus 2014 akan menggelar Pameran Buku Bandung 2014 bertema, “Toward Reading & Writing Society – Menuju Bandung Gila Membaca & Menulis”.

Hal ini terungkap dalam Media & Blogger Gathering Bersama IKAPI Jawa Barat, Kamis, (14/8/2014), di Sekretariat IKAPI Jabar jalan Ibu Inggit Ganarsih Bandung, turut hadir dalam acara ini Ketua IKAPI Jawa Barat Anwaruddin dan Ketua Panitia Taofiq Rahman Ahmad.

“Tahun lalu sebanyak 100 ribu pengunjung menghadiri Pameran Buku Bandung, tahun 2014 target pengunjung sebanyak 200 ribu”, kata Ketua IKAPI Jawa Barat Anwaruddin di awal sambutannya.

“Saat ini masyarakat banyak yang memiliki buku tapi tidak semuanya di baca”, kata Anwaruddin, “Menyadarkan masyarakat untuk membaca memang tidak mudah”, ujarnya.

Lebih lanjut Anwaruddin mengatakan bahwa jika masyarakat sadar membaca, maka peradaban akan muncul, “Bila masyarakat sadar membaca, buku mahal pun akan dibeli”, kata Anwaruddin di akhir sambutannya.

Ketua Panitia Taofiq Rahman Ahmad mengatakan bahwa Pameran Buku Bandung 2014 bertujuan mengimplementasikan peran buku sebagai sumber inspirasi pembaruan abad ini, “Pameran buku ini salah satu wahana wisata intelektual bagi para penikmat buku”, kata Taofiq.

“Pameran buku ini akan diikuti perusahaan sarana pendidikan, serta para penerbit buku ternama di Jawa Barat dan nasional”, ungkap Taofiq, “Hal ini dimaksudkan agar kegiatan ini menjadi barometer industri perbukuan di Bandung dan Jawa Barat sekaligus kesempatan bagi masyarakat untuk mendapatkan berbagai buku berkualitas dengan harga yang lebih murah”, kata Taofiq di akhir paparannya.

Pameran Buku Bandung 2014 akan digelar 29 Agustus hingga 4 September 2014 mengambil tempat di Landmark Convention Hall jalan Braga Bandung.

Acara yang akan digelar di Pameran Buku ini diantaranya, Lomba Paduan Suara Antar Ibu-Ibu PKK Kecamatan se-Kodya Bandung (29/8), Pelatihan Jurnalistik Untuk Rohis se-Bandung Raya (30/8), Talkshow & Bedah Buku “Ada Surga di Rumahmu” (30/8), Kopi Darat Blogger se-Bandung Raya (31/8), Talkshow Bedah Buku & Temu Komunitas “Apa Ini Cinta” & “Mobil, Bokap, Gue” (31/8).

Lomba Menulis 100 Cerpen 100 Guru 100 Menit (1/9), Filatelli (1/9), Lomba Mendongeng (2/9) , Bedah Buku “Self Revolution” (2/9), Pentas Kabaret (3/9), Talkshow “Membangun Bisnis Autopilot” (3/9), Mengenal Robotik & Teknik Membuat Robot (4/9), serta Bedah Buku “The Naked Traveller 5” (4/9). (Bagoes Rinthoadi)