PTDI Serahkan CN235 PATMAR Ke-3 Kepada Kementerian Pertahanan

Foto: PTDI
Foto: PTDI

ARCOM.CO.ID ,Surabaya. PT Dirgantara Indonesia (PTDI) akhirnya menyerahkan satu unit pesawat CN235 Patroli Maritim (PATMAR) yang ke-3 kepada Kementerian Pertahanan RI.

Hal ini terungkap pada Upacara Serah Terima pesawat CN235 Patroli Maritim (PATMAR), Rabu, (17/9/2014), di Base Ops Puspenerbal Lapangan Udara Angkatan Laut Juanda Surabaya.

Turut hadir dalam acara penyerahan CN235 PATMAR, Menteri Pertahanan RI Purnomo Yusgiantoro, Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut Marsetio, Direktur Utama PTDI Budi Santoso, Kabaranahan Kementerian Pertahanan RI Rachmad Lubis, Aslog Panglima TNI Karibiama, Aslog Kasal Harry Pratomo, Danpuspenerbal Sigit Setyanta, dan Anggota komisi I DPR RI Chandra Tirta Wijaya.

Acara penyerahan CN235 PATMAR di Surabaya diawali dengan penandatanganan dokumen serah terima yang ditandatangani oleh para pejabat terkait.

‚ÄúPerairan Indonesia yang mencapai 70 persen membutuhkan pesawat patroli maritim,” kata Direktur Utama PTDI Budi Santoso di awal sambutannya, “Pesawat CN235 PATMAR dapat menjadi andalan untuk menjawab kebutuhan pesawat patroli maritim di Indonesia,” tegasnya.

Lebih lanjut Budi mengatakan bahwa saat ini PTDI sedang menyelesaikan pesanan CN235 berikutnya dari Kementerian Pertahanan untuk TNI AL dan juga TNI AU, “PTDI berupaya keras untuk menyelesaikan CN235 tepat pada waktunya,” ujarnya, “Jajaran PTDI berupaya dan berkomiten untuk kontrak selanjutnya dapat lebih baik lagi,” kata Budi di akhir sambutannya.

Pesawat CN235 PATMAR ke-3 yang diserahkan PTDI merupakan yang terakhir dari kontrak jual beli antara PTDI dengan Kementerian Pertahanan RI yang dahulu ditandatangani pada Desember 2009, nilai kontrak untuk tiga unit pesawat CN235 PATMAR ini sebesar USD 80 juta.

Pesawat CN235 PATMAR dengan peralatan canggihnya mampu mendeteksi kapal-kapal yang sedang berlayar di kepulauan Indonesia, dan pesawat ini berperan penting dalam melindungi kekayaan laut Indonesia.

Berikut Mission Systems yang ada pada Pesawat CN235 PATMAR: Search Radar (Belly Installation), Electro Optics System (FLIR/IRTV), Tactical Data System (Mission Console with High Resolution AMLCD), Flight Management System (FMS), Video Recorder/RFeproducer (VRR), Video Hard Copy Recorder (Color Printer), Modem/Data Link Inertial Reference System/Global Positioning System (IRS/GPS), dan Hand Held Camera. (Bagoes Rinthoadi / PTDI)