Tri Hanggono Achmad Pimpin Unpad Dengan Status Baru

Foto: Dadan T
Foto: Dadan T

ARCOM.CO.ID ,Jakarta. Tri Hanggono Achmad akhirnya resmi menjadi Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad) setelah dilantik secara langsung oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI Mohammad Nasir, Senin sore, (13/4/2015), di Auditorium Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Jakarta, turut hadir Menteri Agraria dan Tata Ruang RI Ferry Mursyidan Baldan, dan mantan Rektor Unpad Ganjar Kurnia.

Rektor Unpad Tri Hanggono Achmad kini memimpin Unpad dengan otonomi keuangan dan akademik yang lebih luas dari Rektor sebelumnya, karena berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 80/2014, Unpad kini memiliki status baru yaitu sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Badan Hukum.

“Kepada yang dilantik saya ucapkan selamat, dan mudah-mudahan bisa membawa Universitas yang dipimpin menjadi lebih baik,” kata Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI Mohammad Nasir dalam sambutannya, “Kepada Rektor yang telah menyelesaikan tugasnya, saya mengapresiasi setinggi-tingginya,” ujarnya,

Lebih lanjut M. Nasir mengingatkan kepada Rektor yang baru dilantik bahwa masih ada tantangan di masa depan yang lebih berat, “Tantangan tersebut diantaranya jumlah publikasi ilmiah perguruan tinggi di Indonesia masih kalah dibandingkan negara lain, apalagi tahun 2015 kita menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN,” kata M. Nasir.

“Tantangan lainnya adalah bagaimana riset-riset yang dilakukan perguruan tinggi  bisa meningkat jumlahnya dan lebih berkualitas agar bisa dihilirkan kepada dunia usaha,” tegas M. Nasir, “Kita harus meningkatkan publikasi dan riset agar mampu bersaing di kelas dunia,” ujarnya.

Di akhir paparannya M. Nasir mengingatkan agar Perguruan Tinggi berperan dalam membebaskan anak bangsa dari bahaya narkoba, “Kita harus membebaskan anak bangsa dari narkoba, dan kampus harus bebas dari narkoba,”tegasnya.

Rektor Unpad Tri Hanggono Achmad dalam pernyataan singkatnya mengatakan bahwa saat ini telah banyak fundamen kuat yang terbangun di Universitas Padjadjaran berkat kepemimpinan sebelumnya, “Mari kita menjaga kebersamaan agar segala hal yang diupayakan memiliki dampak yang baik kepada masyarakat,” katanya, “Kuncinya adalah kebersamaan,” tegasnya.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI Mohammad Nasir selain melantik Rektor Unpad, juga melantik secara bersamaan tujuh pimpinan Perguruan Tinggi dari seluruh Indonesia, ketujuh pimpinan tersebut diantaranya, Rektor Universitas Negeri Sebelas Maret, Rektor Universitas Tanjung Pura, Rektor Universitas Cendrawasih, Rektor Universitas Pendidikan Ganesha, Rektor Institut Teknologi Sepuluh November, Rektor Universitas Diponegoro, dan Direktur Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Universitas Padjadjaran sendiri didirikan tahun 1957, dan Tri Hanggono Achmad merupakan Rektor Unpad ke-11 sejak universitas ini didirikan,  sebelumnya Tri Hanggono Achmad merupakan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran. (Bagoes Rinthoadi)