Arief Yahya: Lulusan STP Bandung Bisa Kirim Devisa Satu Triliun

STP1ARCOM.CO.ID ,Bandung. Menteri Pariwisata RI Arief Yahya menegaskan bahwa lulusan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung yang bekerja di luar negeri bisa menghasilkan dan mengirim devisa hingga satu triliun rupiah.

Hal ini ditegaskan Arief saat Press Conference Wisuda STP Bandung Tahun 2015, Rabu, (20/5/2015), di Gedung Ciremai STP Bandung jalan Setiabudi Bandung, turut hadir Ketua STP Bandung Anang Sutono, Ketua Panitia Wisuda STP Bandung Tahun 2015 NGM Kerti Utami, dan Humas STP Bandung Irma Citra Resmi.

“Sebanyak 40 persen lulusan STP Bandung sudah bekerja di luar negeri,” kata Arief di awal paparannya, “Apabila setiap lulusan mengirim uang 1000 dolar, maka ada satu triliun yang dihasilkan,” tegasnya, “Bangsa ini bisa berkompetisi di luar negeri, dan ini adalah suatu pesan,” ujarnya.

Lebih lanjut Arief mengungkapkan bahwa lulusan STP Bandung 100% bekerja, “Sebanyak 90% Mahasiswa STP Bandung yang belum lulus sudah bekerja, dan 10% penempatan,” ujarnya,  “Saat ini terdapat 12.000 pemberi kerja, dan 4000 pencari kerja,” ungkapnya.

Mengenai STP Bandung, Arief mengatakan bahwa STP Bandung sebagai perguruan tinggi di bidang Pariwisata telah berkontribusi besar dalam menyediakan sumber daya manusia yang berdaya saing internasional, “Terbukti lulusan STP Bandung telah terserap dalam berbagai bidang pekerjaan dan levelisasi jabatan di bidang pariwisata baik di Indonesia maupun di mancanegara,”  tegasnya, “Saya optimis STP Bandung senantiasa memberikan sumbangsih bagi kemajuan kepariwisataan nasional  melalui kurang lebih 19.809 lulusannya yang tersebar di berbagai negara dan pelosok nusantara,” ujarnya.

STP 2Dalam wawancara mengenai kota Bandung, Arief mengungkapkan bahwa performance kota Bandung dalam pemasaran pariwisata masih kalah dari Sumatera Utara, “Namun Bandung masih lebih murah dari daerah lain dan cocok untuk pasar Timur Tengah,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Ketua STP Bandung Anang Sutono dalam paparannya singkatnya mengatakan bahwa STP Bandung selalu meminta dukungan Menteri Pariwisata untuk memberikan International Exposure karena dapat memberikan benefit pengembangan kompetensi dan pribadi,

Menteri Pariwisata RI Arief Yahya dalam kegiatan wisuda STP Bandung Tahun 2015 mewisuda wisudawan sebanyak 569 orang yang terdiri dari 34 orang Program Pascasarjana, 79 orang Program Strata Satu, 148 orang Program Diploma IV dan 308 orang Program Diploma III.

Kegiatan Wisuda STP Bandung Tahun 2015 menetapkan Raden Maya Savitri sebagai lulusan terbaik untuk Program Pascasarjana dengan hasil sangat memuaskan, sedangkan jurusan Hospitality hasil tertinggi diperoleh oleh Kenny Meylita Nauly dengan hasil Dengan Pujian, untuk Jurusan Perjalanan hasil tertinggi diperoleh Annisa Alrazi dengan hasil Dengan Pujian.

STP Bandung juga memberikan penghargaan “Pangajen Makarya Pariwisata” dengan kategori Life Time Achievement kepada I Gede Ardika karena pengabdian, pelayanan, serta kontribusi secara terus menerus bagi perkembangan STP Bandung serta kepariwisataan nasional pada umumnya, I Gede Ardika merupakan Menteri Pariwisata Kabinet Gotong Royong periode 2000-2004, dan saat ini menjadi anggota Komisi Etik Pariwisata Dunia  (World Committee on Tourism Ethics) di UNWTO. (Bagoes Rinthoadi)