Telkom University Gelar Buka Puasa Bersama Media Massa

20150708_170858

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Telkom University (Tel-U) yang merupakan satu-satunya kampus yang menjadi Leader dan fokus di bidang IT dan Komunikasi berkesempatan menggelar acara buka puasa bertajuk, “Buka Puasa Bersama & Silaturahmi Pimpinan Telkom University dengan Media Massa”, Rabu, (8/7/2015), di Atmosphere Resort Cafe jalan Lengkong Besar Bandung.

Turut hadir dalam acara ini, Rektor Tel-U Mochamad Ashari, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Tel-U Heroe Wijanto, Wakil Rektor II Bidang Keuangan dan Sumber Daya Tel-U Djusnimar Zultilisna, Wakil Rektor III Bidang Admission dan Kerjasama Internasional Tel-U Ama Suyanto, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Tel-U Yahya Arwiyah, dan Mahasiswa Tel-U berprestasi angkatan 2011 Gino Sunarto.

“Telkom University (Tel-U) saat ini telah membangun lingkungan internasional di Dayeuhkolot serta membuat kelas internasional yang pengajarannya menggunakan bahasa Inggris,” kata Rektor Tel-U Mochamad Ashari di awal pidato sambutannya.

Lebih lanjut Ashari mengatakan, Tel-U saat ini memiliki 700 Dosen yang 200 diantaranya merupakan Dosen baru, “Kita terus memperbaiki kualitas Dosen dengan meningkatkan nilai TOEFL mereka, jangan sampai nilainya di bawah 500,” ujarnya.

Ashari mengungkapkan, Tel-U telah memiliki Dosen S3 sebanyak 30 persen, “Bahkan sudah ada Dosen Tel-U yang dikirim ke India,” katanya.

“Tel-U termasuk dalam kriteria Perguruan Tinggi (PT) yang sehat,” tegas Ashari, “Kriteria PT sehat diantaranya, satu program studi terdapata 6 Dosen, dan tidak ada konflik antara yayasan dengan universitas,” ujarnya, “Dari 470 Universitas di Indonesia, hanya 40 yang sehat,” ungkapnya.

Mengenai penelitian, Ashari mengungkapkan, Tel-U di tahun 2014 mendapat hibah dana penelitian dari Dikti sebesar Rp.4 miliar, dan dari dalam Tel-U sendiri mendapat Rp.2 miliar, “Dari sisi publikasi Tel-U telah menghasilkan 628 karya ilmiah nasional dan internasional,” katanya.

Lebih lanjut Ashari mengungkapkan, saat ini Tel-U memiliki 42 orang mahasiswa asing dari 17 negara, “Mereka menyisihkan 431 calon mahasiswa asing yang mendaftar di Tel-U,” ungkapnya, “Mahasiswa asing yang tidak diterima di Tel-U dikarenakan tidak ada hubungan diplomatik dengan Indonesia, dan negaranya diberi bintang atau bermasalah,” tegasnya.

20150708_162457

Di akhir paparannya, Ashari mengatakan bahwa pada 10 hingga 12 September 2015, Tel-U akan menggelar even besar berskala internasional, “Bandung ICT Expo 2015” dengan tema, “Strengthening Collaborative Innovation for Community and Industry”, bertempat di Convention Hall-Bandung Technoplex Telkom University.

“Bandung ICT Expo 2015 merupakan perhelatan pertama di Indonesia yang diselenggarakan untuk meramaikan ulang tahun Tel-U yang ke-2,” kata Ashari, “Di acara ini Tel-U akan mengundang dua Menteri, serta akan ada penghargaan Creative Industry Award bagi BUMN,” ujarnya.

Telkom University lahir dari transformasi Institut Teknologi (IT) Telkom, Institut Manajemen (IM) Telkom, Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Telkom.

Keempat Institusi ini menjelma menjadi tujuh fakultas, yaitu Fakultas Teknik Elektro, Fakultas Rekayasa Industri, Fakultas Informatika, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Fakultas Industri Kreatif, dan Fakultas Ilmu Terapan, tujuh fakultas ini menampung 23.000 mahasiswa.

Saat ini Telkom University telah membuka 9 Program Studi, yaitu, Program Studi Teknik Telekomunikasi, Teknik Informatika, Teknik Industri, Sistem Informasi, MBTI Internasional, Administrasi Bisnis, S2 Teknik Telekomunikasi, S2 Teknik Informatika, dan S2 MM. (Bagoes Rinthoadi).