Masjid Agung TSB Akhirnya Diresmikan CT

IMG_20150711_105311

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Chairman CT Corp Chairul Tanjung atau biasa disapa CT akhirnya meresmikan tempat ibadah di Kawasan Terpadu Trans Studio Bandung “Masjid Agung Trans Studio Bandung (TSB)”, Jumat, (10/7/2015), di jalan Gatot Subroto Bandung.

Turut hadir dalam peresmian Masjid Agung TSB, Ibunda CT Halimah, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, dan para anak yatim piatu.

“Masjid Agung TSB tidak hanya dapat digunakan pengunjung TSM, namun dapat pula digunakan bagi aktivitas seluruh umat Islam khususnya yang ada di kota Bandung,” kata CT dalam pidatonya.

Lebih lanjut CT mengatakan, pembangunan Masjid Agung TSB merupakan wujud rasa hormat kepada sang ibunda, Halimah.

Seusai berpidato, CT yang didampingi Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, berkesempatan menandatangani prasasti Masjid Agung TSB sebagai tanda masjid ini sudah dapat digunakan untuk masyarakat umum dan pengunjung Kawasan Terpadu Trans Studio Bandung.

Seusai penandatanganan prasasti, CT memberikan langsung kunci Masjid Agung TSB kepada ibu Halimah sebagai simbol dan rasa hormat CT kepada sang ibunda, dan juga sebagai tanda pembukaan pintu Masjid Agung TSB.

IMG_20150711_105709

Desain bangunan Masjid Nabawi di Madinah menjadi inspirasi desain Masjid Agung Trans Studio Bandung yang didominasi warna coklat, putih, dan emas, selain itu di sisi luar terdapat marmer putih, granite coklat, abu-abu dan hitam.

Lengkungan setiap jendela Masjid Agung TSB menyerupai Masjid Nabawi, bahkan marmer putih di masjid ini berkualitas sama dengan Masjid Nabawi.

Masjid Agung TSB yang mampu menampung 2000 jamaah memiliki luas bangunan 1800 m2, sedangkan area Basement terdapat Ballroom ibis Hotel TSB dengan luas 1200 m2.

Masjid Agung TSB memiliki 5 kubah berwarna perak dan emas, kubah terbesar masjid ini dilapisi emas murni dan dilapisi kembali dengan kaca (mozaik), untuk pucuk kubah (makara) terbuat dari kuningan yang dilapisi emas murni.

IMG_20150711_105315

Bagian dalam Masjid Agung TSB dihiasi kaligrafi ayat Al-Quran, selain itu nuansa keemasan sangat kental terutama di bagian depan masjid, bagian mimbar baik sebelah kanan dan kiri dihiasi Asmaul Husna berwarna keemasan.

Masjid Agung TSB semakin indah dan megah dengan adanya lampu gantung berwarna emas tiga tingkatan seberat 2,8 ton.

Sebenarnya Masjid Agung TSB sudah mulai dibuka untuk umum sejak 26 November 2014, dan diharapkan masjid ini menjadi salah satu destinasi wisata religi di Indonesia.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) kota Bandung pada 20 April 2015, memberikan penghargaan kepada CT atas prestasinya sebagai pengusaha muslim yang berkontribusi dalam syiar di Indonesia.

Selain itu, Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jawa Barat pada 17 Mei 2015 memberikan penghargaan “Civilization and Humanity for Commercial Building” atas dibangunnya fasilitas tempat ibadah mewah di area pusat perbelanjaan. (Bagoes Rinthoadi)