Badan Ekonomi Kreatif Dukung Musisi Bandung Melalui BPJS

20170326_110120-1

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Lembaga pemerintah nonkementerian Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif) memberikan dukungan kepada pelaku ekonomi kreatif sub sektor musik (musisi) melalui kegiatan Sosialisasi dan Edukasi Program BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Ketenagakerjaan dan Kesehatan bagi Musisi bertajuk, “BPJS for Musician”, Minggu, (26/3/2017), di Butterfield Kitchen Bandung jalan Dipatiukur Bandung.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Direktur Akses Perbankan Bekraf Restog K. Kusuma, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Bandung Darmadi, Kepala Cabang Utama BPJS Kesehatan Bandung Herman Dinata, dan Ketua Bandung Music Council (BMC) Erlan Effendi.

“Kegiatan BPJS for Musician merupakan acara yang pertama kali diadakan oleh Bekraf dan BPJS untuk musisi,” kata Ketua Bandung Music Council (BMC) Erlan Effendi di awal sambutannya, “Kegiatan BPJS for Musician merupakan pintu masuk untuk mensejahterakan musisi khususnya musisi BMC,” ujarnya.

Lebih lanjut Erlan mengatakan, kerja sama BPJS dan BMC akan berlangsung selama tiga tahun, “Rencananya musisi jalanan di kota Bandung juga akan diikutsertakan BPJS,” ujarnya, “Seperti kata almarhum Harry Roesli, musisi harus terjamin kesehatannya,” pungkas Erlan.

Direktur Akses Perbankan Bekraf Restog K. Kusuma mengatakan, Bekraf mempelopori kegiatan BPJS for Musician sebagai dukungan kepada pelaku ekonomi kreatif sub sektor musik, “Kegiatan ini tentang sosialisasi pentingnya BPJS,” kata Restog, “Kami berharap lebih banyak musisi yang mendaftar jaminan kecelakaan kerja, jaminan sosisal keringanan sakit, dan jaminan masa tua,” ujarnya.

20170326_115621

“Saat ini masih banyak musisi yang belum tahu jika BPJS Ketenagakerjaan bisa dibayar secara mandiri dan independen,” kata Restog, “Bekraf memfasilitasi pelaku ekonomi kreatif memahami BPJS agar ke depannya dapat survive dan terus berkarya,” pungkas Restog.

Kegiatan BPJS for Musician merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman antara Bekraf dan BPJS tentang Perlindungan Program BPJS Ketenagakerjaan bagi para pelaku ekonomi kreatif.

Kegiatan ini menghadirkan 150 orang yang terdiri dari musisi, pekerja musik, komunitas musik, pebisnis musik, promotor musik, art & visual musik, lifestyle musik, dan asosiasi profesi musik.

Bandung Music Council (BMC) pada awalnya mendaftarkan 84 anggotanya dari 300 anggota, dan terus bertambah hingga 101 orang.

Musisi yang hadir dalam kegiatan BPJS for Musician diantaranya, Dira Sugandhi, Rieka Ruslan, Noey Java Jive, Danny Java Jive, Rudy Caffein, dan Layala Roesli. (Bagoes Rinthoadi)