Aplikasi Perniagaan Sosial Ibu Rumah Tangga “Chilibeli” Hadir di Bandung

ARCOM.CO.ID ,Bandung, (17/8/2020). Startup aplikasi perniagaan sosial cerdas terbaru “Chilibeli” telah hadir di kota Bandung untuk menyapa komunitas Ibu Rumah Tangga.

Visi Chilibeli semakin kuat di tengah-tengah masa menantang seperti saat ini, yakni untuk menghadirkan produk segar berkualitas ke setiap rumah tangga dengan harga yang terjangkau dan bersaing.

Namun kunci keunikan dan kekuatan pokok aplikasi ini terletak pada upaya pemberdayaan komunitas ibu rumah tangga yang luas.

Chilibeli didirikan oleh Alex Feng, Damon Yue, dan Matt Li pada Juli 2019, aplikasi ini mendukung dan mendorong ibu rumah tangga untuk menjadi pengusaha mikro (micropreneur), sembari menolong para tetangga memasok kebutuhan pangan pokok sehari-hari.

Dengan bergabung menjadi mitra Chilibeli, ibu rumah tangga dapat memperolah pemasukan tambahan dari kenyamanan rumah masing-masing.

Secara logistik, Chilibeli memastikan durasi distribusi pesanan produk paling lambat H+1 dari tanggal konfirmasi pesanan (syarat dan ketentuan berlaku).

Pada awal mulanya, Chilibeli hanya ada di Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi, namun saat ini Chilibeli terus tumbuh secara mantap dengan memperluas jangkauan mencakup Bogor, Surabaya, dan Bandung.

Chilibeli sendiri mengantongi pendanaan Seri-A, memenangkan penghargaan bertaraf internasional, membuka official store di LazMall, serta pindah ke gudang logistik yang lebih luas dan canggih.

Co-Founder & CEO Chilibeli Alex Feng mengatakan, sebagai kota karismatik dengan budaya urban yang dinamis, pihaknya melihat kota Bandung sebagai salah satu kota terprogresif dalam rencana ekspansi Chilibeli.

“Kami percaya semangat komunitas terjalin sangat kuat di kota ini, sehingga Chilibeli hadir di kota ini guna merangkul dan mendorong jiwa otentik tersebut,” kata Alex Feng.

Sedangkan Co-Founder & COO Chilibeli Damon Yue mengatakan, penambahan Kota Bandung dalam jajaran kota tempat Chilibeli beroperasi merupakan wujud nyata impian Chilibeli.

“Kami merasa terhormat dapat terhubung dan berkomunikasi dengan komunitas ibu rumah tangga dan warga tetangga sekitar, sembari melihat Chilibeli bekerja dengan cermat untuk menghadirkan solusi bagi tantangan logistik harian secara efisien dan efektif,” kata Damon Yue.

“Kami terus berharap dapat memberikan nilai tambah dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat kota Bandung,” ungkap Damon Yue.

Hingga saat ini Chilibeli telah melayani sembilan Kecamatan di antaranya, Kecamatan Baleendah, Batununggal, Bojongloa, Buah Batu, Cimahi Selatan, Gedebage, Margaasih, Margahayu, dan Soreang.

Chilibeli terus menambahkan Kecamatan baru sesuai dengan permintaan dari calon mitra dan sahabat.

Sedangkan lokasi gudang logistik Chilibeli yang menjadi pusat pengalokasian rantai pasok dan pesanan para mitra dan sahabat dapat ditemukan di jalan Kopo Permai I No 92, Kelurahan Margahayu Tengah, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung.

Head of Marketing Communications Chilibeli Yumir Syamsyah Lubis menegaskan, sejak semula Chilibeli berkomitmen menjadikan semua proses menjadi sederhana, mudah, cepat, dengan menciptakan situs dan aplikasi yang intuitif.

“Bagi ibu rumah tangga yang hendak berbelanja kebutuhan rumah tangga, cukup mengunduh aplikasi Chilibeli yang telah tersedia untuk sistem operasi Android,” kata Yumir Syamsyah Lubis.

“Masukkan kawasan tempat tinggal, lalu pilih mitra Chilibeli terdekat, setelah itu pengguna dapat meng-klik produk kebutuhan rumah tangga yang hendak dibeli,” kata Yumir Syamsyah Lubis.

“Terdapat nomor kontak mitra Chilibeli yang dapat berkomunikasi untuk konfirmasi pesanan, harga, dan jadwal produk pesanan tiba,” ujar Yumir Syamsyah Lubis.

“Chilibeli berkomitmen mematok harga lebih rendah dibandingkan harga pasar rata-rata hari tersebut,” ungkap Yumir Syamsyah Lubis.

“Hal ini dilakukan karena Chilibeli menyederhanakan rantai pasokan produk dengan memesan langsung dari tangan pertama,” kata Yumir Syamsyah Lubis.

“Tidak hanya itu saja, Chilibeli juga memantau harga produk di pasaran secara langsung setiap saat untuk memastikan harga-harga di platform Chilibeli terus lebih rendah daripada harga pasar,” pungkas Yumir Syamsyah Lubis.

Bagi Ibu Rumah Tangga yang hendak bergabung dengan Chilibeli dapat memilih tiga kategori yakni:

  1. Mitra Chilibeli, sebagai Ketua Komunitas yang akan membantu para tetangga atau orang terdekat sekitar untuk berbelanja produk segar atau kebutuhan sehari-hari dengan lebih mudah dan nyaman.
  2. Mitra Chilimart, adalah kategori yang dirancang untuk pemilik usaha, seperti toko kelontong atau rumah makan sederhana, sebagai sumber penghasilan utama, Mitra Chilimart biasanya memesan produk dalam jumlah besar dan Chilibeli menawarkan daftar harga belanja yang jauh lebih kompetitif agar dapat dijual di tempat usaha mereka tanpa perlu meninggalkan usaha tersebut.
  3. Sahabat Chilibeli adalah istilah yang digunakan bagi anggota komunitas Chilibeli yang mendaftar menjadi konsumen atau pemesan, Sahabat Chilibeli tentunya dapat ‘naik kelas’ dan bergabung menjadi Mitra Chilibeli untuk mendapatkan tambahan pemasukan serta menikmati ragam keuntungan finansial dari Chilibeli. (RLS / BRH)