Kolonel Inf Yusep Sudrajat Beri Penghargaan Pada Serka Eri Krisyana

ARCOM.CO.ID ,Cimahi. Komandan Sektor (Dansektor) 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat berkesempatan memberikan penghargaan piagam kepada Dansubsektor 15 Sektor 21 Serka Eri Krisyana berkat aksi heroiknya menyelam ke dalam got kotor dan bau sedalam 4 meter untuk membersihkan sampah sebanyak 5 kwintal yang menyumbat saluran air di Parakan Muncang, Desa Sindanggalih, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

Pemberian penghargaan kepada Serka Eri Krisyana yang kini tengah viral di Media Online, Elektronik dan Media Sosial dilaksanakan bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda ke-92, Rabu pagi, (28/10/2020), di Posko Sektor 21 Satgas Citarum Harum, Taman Hutan Kehati Kp. Cimenteng Kel. Cipageran Kec. Cimahi Utara Kota Cimahi, dengan disaksikan puluhan anggota TNI Sektor 21 Satgas Citarum dan para awak Media.

Komandan Sektor (Dansektor) 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat dalam sambutannya mengatakan, pihaknya sebelum pemberian penghargaan mendapat laporan kegiatan dari Dansubsektor 15 Sektor 21, Serka Erik Krisyana bersama jajarannya yakni adanya kegiatan menyelam masuk ke gorong-gorong mengambil sampah secara spontan.

“Sebenarnya menyebur ke dalam got untuk membersihkan sampah merupakan hal yang biasa dan sepele dan semua orang bisa melakukannya, hanya mungkin karena jarang ada orang yang mau melakukannya dan ternyata ada anggota TNI dalam hal ini Subsektor 15 Sektor 21 yang dikomandoi oleh Serka Erik melakukan hal itu, akhirnya menjadi luar biasa dan viral,” kata Dansektor 21, “Bagi kami sebagai Prajurit TNI, jangankan menyelam ke dalam got kotor, nyawa saja akan kami berikan untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegasnya.

“Namun saya mengingatkan, pada setiap kegiatan, Anggota wajib memperhatikan faktor keamanan,” tegas Dansektor 21.

Lebih lanjut Dansektor 21 mengatakan, masyarakat saat ini sedang mencari sosok-sosok heroik, “Maka hari ini saya selaku Dansektor 21 memberikan penghargaan kepada Serka Eri Krisyana atas dedikasi dan kinerjanya yang luar biasa, semoga dapat memacu anggota lain untuk sama-sama berbuat bagi kepentingan masyarakat,” ujarnya.

Dansektor 21 mengatakan, saat ini kebanyakan orang melihat sampah itu pasti merasa jijik, “Padahal sampah ada dikarenakan aktifitas kita, maka kewajiban kita semua untuk selalu menjaga kebersihan,” ujarnya.

“Maka saya menghimbau kepada masyarakat apabila tidak bisa melakukan hal seperti yang dilakukan Serka Eri maka bila ada kesempatan bisa ikut kerja bhakti di lingkungan, dan minimal jangan membuang sampah sembarangan,” pungkas Dansektor 21.

Serka Eri Krisyana seusai acara pemberian penghargaan mengatakan, dirinya mewakili Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 15/Sumedang, mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan Dansektor 21 Kolonel Inf Yusep Sudrajat.

Terkait dengan kegiatan yang dilakukan Serka Eri menjadi viral, Serka Eri menegaskan, hal itu tidak disangka, karena dirinya dan anggota lainnya hanya melaksanakan tugas.

“Kepada masyarakat kami mengajak untuk selalu menjaga sungai tetap bersih dari sampah, mari kita jaga alam kita, maka alam akan menjaga kita,” tegas Serka Eri. (BRH)