Jurnalis Pikiran Rakyat Raih Beasiswa S2 dari SBM ITB

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) Institut Teknologi Bandung (ITB) akhirnya merealisasikan pemberian beasiswa S2 (Master of Business Administration) kepada Jurnalis di tahun 2020. 

Setelah melewati beberapa tahap seleksi yang ketat, beasiswa diberikan kepada Jurnalis Pikiran Rakyat Rani Ummi Fadila.

Direktur Komunikasi dan Hubungan Alumni SBM ITB N. Nurlaela Arief, Kamis, (10/12/2020), di Bandung mengatakan, program Beasiswa kepada Jurnalis tercetus pertama kali pada Jumpa Pers, Kamis, (19/9/2019).

Seperti diketahui, Jurnalis yang ingin mendapatkan program Beasiswa harus mengikuti beberapa tahapan seleksi, dimulai pada awal Oktober 2020.

Pada seleksi tahap pertama, peserta diminta mengirimkan video tentang motivasi mengikuti program Beasiswa, seleksi selanjutnya yakni tes tertulis menganalisis sebuah kasus bisnis, peserta seleksi juga diminta menuliskan evaluasi diri dan tujuan pendidikan.

Jurnalis yang lolos pada tahap tes tulis melaju ke tahap tes lisan yang diselenggarakan secara daring. 

Tes lisan terdiri dari wawancara dan diskusi kelompok terpimpin atau Focus Group Discussion, semua tahapan seleksi dilakukan dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Nurlaela Arief menjelaskan, Jurnalis yang mendaftar program Beasiswa berasal dari berbagai wilayah, seperti Solo, Kalimantan, Jakarta dan Bandung. 

Dengan seleksi yang ketat, Jurnalis Pikiran Rakyat Rani Ummi Fadila lulus seleksi dengan mendapatkan  nilai tertinggi 77,6.

“Nantinya penerima Beasiswa akan dilibatkan dalam riset-riset seperti penulisan buku, penulisan studi kasus dan produk jurnalistik lainnya, sehingga SBM ITB dan Media bisa saling berkolaborasi,” kata Nurlaela Arief.

Sedanggkan Dekan SBM ITB Utomo Sarjono Putro mengatakann pemberian Beasiswa kepada Jurnalis merupakan komitmen SBM ITB untuk memberikan akses pendidikan tinggi kepada Jurnalis.

“Program Beasiswa ini bertujuan untuk meningkatkan potensi akademis dan kompetensi Jurnalis di bidang bisnis dan manajemen,” kata Utomo Sarjono Putro.

Utomo Sarjono Putro menambahkan, Kelas Master of Business Administration ITB memiliki model pendidikan yang unik, karena Mahasiswa lebih banyak membahas studi kasus, “Studi kasus yang dibahas merupakan replikasi dari masalah di perusahaan,” ujarnya.

“Model pendidikan seperti itu memicu Mahasiswa mempelajari banyak aspek dari setiap masalah di perusahaan dan mencari solusi atas kasus tersebut,” ungkap Utomo Sarjono Putro.

“Saya ucapkan selamat kepada Jurnalis Pikiran Rakyat Rani Ummi yang meraih skor tertinggi dan mendapatkan beasiswa MBA dari SBM ITB,” pungkas Utomo Sarjono Putro. (BRH / RLS)