Sambut Pembelajaran Tatap Muka, Dosen Tel-U Implementasi Strategi Desain Responsif TK Al-Ikhlas

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Dosen Fakultas Industri Kreatif (FIK) dan Fakultas Ilmu Terapan (FIT) melakukan kolaborasi dalam kegiatan pengabdian masyarakat (ABDIMAS), Selasa, (5/1/2021), di TK Al Ikhlas jalan Gunung Batu Bandung.

Kegiatan ABDIMAS meliputi Hibah Bangku Sekolah dan Marka Grafis sebagai strategi desain responsif sesuai kondisi New Normal saat ini.

Perkembangan penyebaran Covid-19 tidak hanya memiliki resiko bagi usia lanjut, namun juga pada anak-anak, karena daya tahan tubuhnya yang belum sempurna.

Ruang-ruang yang melibatkan interaksi antar personal cukup tinggi, dan sekolah dianggap beresiko sebagai wadah penularan tersebut.

Kekhawatiran tersebut dirasakan oleh orangtua murid Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak (PGTK), sehingga masih ragu untuk bersekolah kembali.

Berdasarkan permasalahan tersebut, diperlukan sebuah solusi agar interaksi dan perilaku dapat ditata sesuai dengan Protokol Kesehatan.

Keilmuan Desain Interior dan Desain Komunikasi Visual berperan cukup besar untuk berkontribusi terhadap pola spasial sebagai sebuah strategi desain yang responsive terhadap kondisi New Normal.

Beberapa pertimbangan dalam solusi desain pada Sekolah TK Al Ikhlas ini di antaranya memperhatikan Wayfinding dan Desain Furniture berupa meja dan penyekat antar personal murid TK sehingga meminimalisir kontak langsung sesama siswa.

Diharapkan dengan pola tata letak tidak hanya ergonomis, namun ketepatan pencapaian dan jarak aman dapat memberikan solusi desain yang strategis dan solutif.

Dengan infografis yang menarik untuk anak usia balita, dapat mengarahkan untuk bersikap dan berperilaku sehat dan aman pada masa transisi, sehingga dapat menciptakan suasana belajar yang nyaman dan sehat.

Ketua tim ABDIMAS Titihan Sarihati mengatakan, desain mebel bangku dan marka grafis pada sekolah dapat menjadi solusi terbaik untuk menjalani era New Normal dan meminimalisir penyebaran virus sehingga kegiatan belajar mengajar bisa terselenggara dengan baik.

“PGTK Islam Al Ikhlas nantinya akan menjadi role model bagi TK lainnya saat proyek ini selesai direalisasikan,” kata Titihan Sarihati.

Proyek ini sendiri memakan waktu sekitar tiga bulan sejak September hingga Desember 2020.

Selama rentang waktu tersebut, sudah meliputi beberapa tahapan, seperti Pra-Produksi, Produksi, Instalasi, hingga serah terima kepada pihak TK Al-Ikhlas.

Kepala sekolah PGTK Al Ikhlas Ade mengungkapkan apresiasi sebesar-besarnya dan merasa bangga menjadi mitra Telkom University dalam mewujudkan proyek ini.

“Alhamdulillah, luar biasa untuk kegiatan ABDIMAS dari Telkom University, kami sangat senang dan bangga sudah menjadi mitra luar biasa dalam mendukung Program Kegiatan Pembelajaran Tatap Muka di TK Islam Al Ikhlas sebagai Lembaga yang berkiprah dalam mencerdaskan anak bangsa khususnya Anak Usia Dini di masa Pandemi Covid-19,” kata Ade.

Adapun segenap tim yang tergabung dalam proyek ABDIMAS ini dipimpin oleh Ibu Titihan Sarihati., S.Sn., M.Sn, M.Ds., dengan anggota: Santi Salayanti S.Sn., M.Sn., Siti Deshinta, S.Sn., M.Sn, Rangga Firmansyah S.Sn., M.Sc, Rahmat Hidayat SE., MM, Leni Cahyani. S. Sos.i., MM., dan dibantu oleh para Mahasiswa untuk memberikan solusi dengan meredesain tata letak dan lay out ruang kelas, desain mebel dan perancangan sistem grafis yang dapat adaptif terhadap kondisi masa ‘New Normal’. (BRH / RLS)