NoizeKilla Gabung Bersama Musisi Afrika dan Jerman di Kompilasi Rasta Riddims Vol II

ARCOM.CO.ID ,Jakarta. (1/4/2021). Menyusul setelah setengah tahun sejak Rasta Riddim Vol. I dirilis, Yutman Records sebuah label musik independen asal Berlin Jerman yang fokus terhadap musik reggae dan dancehall kembali melepas seri kedua dari kompilasi tersebut.

Tepatnya Jumat, (26/3/2021), Rasta Riddim Vol. II secara resmi sudah dirilis dan dapat didengarkan di beragam layanan streaming musik.

Hal yang menarik dari kompilasi ini yakni hadirnya seniman Tanah Air, NoizeKilla, member dari KunoKini ini bersanding dengan musisi reggae dunia seperti Uwe Banton (Jerman), Vido Jelashe (Afrika Selatan), Jon Moon (Jerman), dan Trixtar (Jerman), di mana kelima musisi reggae ini membawakan karya masing-masing dengan semangat “Rasta Riddim” yang dikurasi terlebih dahulu oleh Jon Moon sang produser.

Uwe Banton bersama lagu “What Kind of the World” membahas keadaan dunia saat ini di mana banyak hal berada di luar kendali, dan bagi semua yang merindukan kenormalan.

Untuk menghadapi penderitaan orang yang tidak bersalah dan keserakahan global, Uwe Banton melihat filosofi Rastafarian sebagai cara yang mungkin untuk mengubah dunia.

Vido Jelashe membawakan “Judgement Day”, sebuah nomor yang lantang menyerukan permasalahan dunia tentang kebohongan, korupsi dan ketidakadilan rasial.

Namun adanya sebuah keyakinan dari sudut pandang positif, Vido Jelashe percaya jika keadilan akan datang.

Seniman muda Jerman Jon Moon menjelaskan dengan “Rasta Is” apa arti “Rasta” baginya, ini tentang sikap terhadap hidup, filosofi hidup, dan baginya cinta dan kepositifan adalah pusat dari segalanya, ini termasuk tidak menilai satu sama lain, tetapi menghormati satu sama lain.

Penyanyi Jerman-Persia Trixstar ingin mendorong kita dengan pesan positifnya dalam “Own Way” yakni bagaimana menjalani hidup tanpa takut membuat kesalahan.

Untuk mengetahui apa yang kita perjuangkan, menemukan diri sendiri di dunia yang penuh warna, dan beragam yang menyimpan banyak ketidakpastian, serta rintangan yang dapat menghalangi kehidupan.

Trixstar yakin jika kita percaya pada diri sendiri dan mengetahui nilai-nilai dalam diri, kita akan menemukan jalan kita sendiri.

Dalam kompilasi ini, Adhi Bhisma Wrhaspati a.k.a NoizeKilla musisi perwakilan dari Indonesia bernyanyi tentang membantu satu sama lain dan memperkuat komunitas dalam lagunya “Got Some Essence?”.

Serta cinta kasih kepada sesama mahluk hidup, di mana cinta dan saling mengerti satu sama lain sangat diperlukan di saat-saat seperti ini.

“’Gotong Royong adalah istilah bahasa Indonesia untuk saling membantu dalam masyarakat tanpa berbicara atau menerima uang,” kata NoizeKilla.

“Kadang-kadang atau sering kali kita mengumpulkan uang dan bekerja sama untuk mencapai tujuan, ini adalah budaya kami, dan inilah yang kami butuhkan saat ini,” kata NoizeKilla, “Dengan gotong royong saya yakin kita benar-benar bisa bangkit bersama,” ujarnya.

Tanpa mengurangi kecintaannya terhadap Tanah Air, materi “Got Some Essence” juga terselip lirik Bahasa Indonesia serta iringan dari alat musik tradisional seruling sunda yang tentunya menjadi pembeda dari materi lain dalam kompilasi Rasta Riddim Vol. II ini.

Semua materi dalam kompilasi Rasta Riddim – Vol. II direkam oleh musisi Evolution Band di Planet Earth Studios di Berlin.

Proses mixing dan mastering oleh Jon Moon dan Ganjaman, Jon Moon yang juga bertindak sebagai produser dan kurator di Mini Album ‘Rasta Riddim’.

Kompilasi “Rasta Riddim – Vol. II” telah dirilis di semua layanan streaming musik dan di Bandcamp sejak 26 Maret 2021. (BRH / RLS)