Tel-U Satu-Satunya Kampus di Indonesia yang masuk THE Young University Rankings 2021

ARCOM.CO.ID ,Bandung, (25/6/2021). Lembaga pemeringkatan kampus dunia, Times Higher Education (THE) kembali merilis daftar THE Young University Rankings 2021 berdasarkan rentang usia universitas kurang dari atau 50 tahun.

Melalui laman resmi timeshighereducation, daftar THE Young University Rankings 2021 mencakup perguruan tinggi terbaik dunia yang didirikan antara tahun 1971 hingga 2021, dan pada tahun ini mencakup 475 universitas dari seluruh dunia.

Dari 475 perguruan tinggi dunia yang berasal dari 68 negara, Telkom University (Tel-U) menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang masuk ke dalam daftar peringkat THE Young University Ranking 2021, di mana Tel-U berhasil menempati peringkat 401+.

Pemeringkatan THE Young University Rankings 2021 disusun berdasarkan beberapa indikator antara lain, teaching (pembelajaran), research (penelitian), citations (sitasi/kutipan), international outlook (pandangan internasional), serta industry income.

Dalam indikator penilaian tersebut Telkom University berhasil meraih skor teaching 17.1, research 12.6, citations 22.2, international outlook 15.5, serta industry income 33.8.

Berdiri pada 14 Agustus 2013, Telkom University juga berhasil menduduki peringkat 1001+ dunia dalam pemeringkat THE World University Ranking, Tel-U menjadi satu satunya PTS yang yang masuk 9 besar bersanding dengan universitas terbaik di Indonesia yang semuanya adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Telkom University juga meraih predikat PTS terbaik di Indonesia dua tahun berturut turut yakni pada tahun 2019 dan 2020.

Rektor Telkom University Prof. Adiwijaya mengungkapkan rasa bangga dan terimakasih kepada seluruh sivitas akademika Telkom University yang tidak henti hentinya membawa nama harum Telkom University tidak hanya di Indonesia tapi di dunia.

“Kali ini sebagai satu satunya kampus di Indonesia yang masuk ke dalam jajaran peringkat dunia, merupakan suatu kebanggaan bagi kami bisa membawa nama harum negara Indonesia di dunia, dan bisa berkontribusi bagi bangsa,” kata Prof. Adiwijaya.

Pada akhir paparannya, Prof. Adiwijaya mengatakan, bentuk komitmen Tel-U adalah terus berkontribusi bagi bangsa, dan terus menghasilkan SDM yang unggul untuk kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang. (BRH / RLS)