Komandan Kodiklatad Terima Kunjungan Panglima Divisi 1 AD Australia

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Hubungan kerja sama bilateral antara TNI AD dengan mitra dari Angkatan Darat negara sahabat terus dipelihara baik pada level strategis maupun operasional dalam berbagai bentuk kegiatan.

Komandan Kodiklatad, Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos., menerima kunjungan kehormatan Major General Justin Ellwood, Panglima Divisi 1 AD Australia di Makodiklatad, Kamis, (23/9/2021).

Tiba di Gerbang Makodiklatad, Major General Justin Ellwood disambut langsung oleh Dankodiklatad, selanjutnya menerima jajar kehormatan.

Setelah itu ketua delegasi yang didampingi oleh Colonel Micah Batt Atase Darat Australia, Captain Katherine Clarkson Adc Pangdiv-1 AD Australia dan Warrant Officer Richard Swabby, Asisten Atase Darat Australia disuguhkan tampilan dokumentasi interaksi antara Pangdiv 1 AD Australia bersama Dankodiklatad pada saat kunjungan Dankodiklatad ke daerah latihan pertempuran milik Australian Army, Tully Townsville, Queensland Australia dalam rangka meninjau pelaksanaan JOCIT-A TA 2019 serta video dokumentasi ”Garuda Shield-15/2021 Joint Exercise (Latma TNI AD – US Army) melalui tampilan Video Trone.

Suasana keakraban di antara kedua pejabat tinggi Angkatan Darat ini langsung terlihat setibanya rombongan di Kodiklatad.

Interaksi kedua pejabat level strategis dari masing-masing Angkatan Darat ini memang bukanlah yang pertama kalinya, sebelumnya Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos., dan Panglima Divisi 1 yang akrab dipanggil Major General Jake Ellwood pernah berbalas kunjung dalam kegiatan peninjauan Latihan Junior Officer Combat Training (JOCIT) yang diselenggarakan di Indonesia pada Maret 2019, maupun di Australia pada September 2019.  

Dalam pertemuan yang dilaksanakan di ruang tamu Dankodiklatad, Major General Justin Ellwood menyampaikan apresiasinya terhadap kerja sama yang tengah berlangsung antara TNI AD dan AD Australia yang terjalin dengan baik dengan prinsip saling mendukung dan saling menghargai.

Disampaikan juga rencana AD Australia yang akan memperbesar skala latihan bersama baik dari segi luas wilayah daerah latihan maupun jumlah pelaku latihan.

Sementara itu, Dankodiklatad memberikan masukan tentang penambahan materi Civil Military Cooperation dalam bentuk bakti sosial untuk membantu masyarakat di sekitar tempat latihan seperti yang selama ini beliau inisiasi dalam setiap latihan yang diselenggarakan oleh Kodiklatad.

Dengan kegiatan ini diharapkan selain dapat membantu masyarakat sekitar sekaligus juga akan membina hubungan baik dengan masyarakat yang tentunya akan menambah kecintaan terhadap Angkatan Darat.

Kedatangan Major General Justin Ellwood ke Bandung di samping pertemuan kedua sahabat dekat juga sekaligus dalam rangka menghadiri upacara Pembukaan Latihan JOCIT-I yang akan dilaksanakan mulai 24 September hingga 8 Oktober 2021 di Pusdikif Pussenif Kodiklatad, Cipatat.

Kegiatan ini bertujuan untuk melatih Perwira Pertama TNI AD dengan materi latihan Combined Arms in Jungle Operation, Medical Evacuation, penggunaan Night Vision Google dan Basic Fitness Assesment.

Terhitung sebanyak 150 pelaku dari TNI AD dan 15 orang pelatih dari AD Australia akan mengikuti kegiatan ini.

Dengan kerja sama yang diselenggarakan antara TNI AD dan AD negara sahabat diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme prajurit kedua Angkatan Darat sekaligus memelihara persahabatan baik di level perwira junior maupun senior.

Kegiatan dilanjutkan dengan acara makan siang bersama di Ganesha Place dimana Dankodiklatad berkesempatan menjelaskan latar belakang didirikannya Ganesha Place yang merupakan unit usaha Koperasi Kodiklatad yang dapat dimanfaatkan oleh personel Kodiklatad dan juga untuk kesejahteraan prajurit Kodiklatad.

Sementara itu jamuan makan malam dilaksanakan di Skyline Best View Resto dimana para tamu undangan nampak menikmati hidangan khas Indonesia dengan pemandangan kota Bandung di malam hari, turut hadir Danpussenif Kodiklatad, Wadan, Inspektur, para Direktur dan Wair Kodiklatad. (BRH / Pen Kodiklatad)