Yayasan R.A.A.H. Muharam Wiranatakusumah Apresiasi Komitmen Presiden RI Berantas Mafia Tanah

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Yayasan R.A.A.H. Muharam Wiranatakusumah melalui juru bicara dan kuasa hukumnya, Roedy Wiranatakusumah SH, MH, MBA., mengapresiasi langkah Presiden RI Joko Widodo yang berpesan kepada Polri agar jangan ragu mengusut mafia tanah.

Pesan ini disampaikan Presiden RI Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor dan disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, (22/9/2021).

Secara tegas Presiden RI Joko Widodo menyampaikan pesan kepada Polri agar tidak ragu mengusut mafia tanah.

Presiden RI Joko Widodo menyatakan, dirinya tidak ingin konflik agraria di daerah terjadi terus-menerus, “Saya tidak ingin rakyat kecil tidak mempunyai kepastian hukum terhadap lahannya dan saya juga tidak ingin pengusaha tidak mempunyai kepastian hukum atas lahan usahanya,” ujarnya.

“Pemerintah berkomitmen mewujudkan kepastian hukum yang berkeadilan,” tegas Presiden RI Joko Widodo, “Saya memerintahkan Polri tegas menindak mafia tanah,” ujarnya.

“Pemerintah berkomitmen penuh memberantas mafia tanah, pada jajaran Polri, saya meminta jangan ragu mengusut mafia tanah, jangan ada aparat penegak hukum membekingi mafia tanah, perjuangkan hak masyarakat, tegakkan hukum secara tegas,” kata Presiden RI Joko Widodo.

Menanggapi pesan Presiden RI Joko Widodo, Roedy Wiranatakusumah SH, MH, MBA selaku juru bicara dan kuasa hukum Yayasan R.A.A.H. Muharam Wiranatakusumah mengapresiasi langkah tersebut.

“Tanggapan kami mengenai apa yang disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo terkait tanah dan meminta Polri turut serta berperan memberantas mafia tanah, kami dari Yayasan R.A.A.H. Muharam Wiranatakusumah siap bekerjasama,” kata Roedy Wiranatakusumah, Selasa, (28/9/2021), ketika ditemui di Bandung.

“Yayasan R.A.A.H. Muharam Wiranatakusumah memang concern untuk membantu Pemerintah dalam pemberantasan mafia tanah, terutama di wilayah Jawa Barat karena di sana banyak project strategis nasional yang diganggu oleh mafia tanah dan didukung oleh oknum-oknum atau tanda kutip backing,” tegas Roedy Wiranatakusumah.

“Apabila Pemerintah Jawa Barat ingin menindak lanjuti arahan dari Presiden RI Joko Widodo, saran dari Yayasan R.A.A.H. Muharam Wiranatakusumah adalah dibuat Satgas Khusus Mafia Tanah,” kata Roedy Wiranatakusumah.

“Karena iklim investasi akan terganggu, karena tanah merupakan alas hak di mana pembangunan negara sangat dipengaruhi oleh status alas hak tanah yang saat ini banyak dan sudah bertahun-tahun tidak mendapatkan suatu kejelasan,” ungkap Roedy Wiranatakusumah.

“Saya sebagai praktisi hukum dan perwakilan dari Keluarga R.A.A.H. Muharam Wiranatakusumah yang pernah membantu Pemerintah dalam memberikan hibah kepada negara seluas 60 hektar, maka keluarga filantropi kami sangat mendukung kepada pihak pihak berwenang mewujudkan apa yang disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo,” kata Roedy Wiranatakusumah.

“Hal ini adalah satu terobosan dalam Pemerintahan sekarang, karena yang disampaikan Presiden adalah anjuran keras demi kepentingan bangsa dan negara,” pungkas Roedy Wiranatakusumah mewakili Biro Hukum R.A.A.H. Muharam Wiranatakusumah. (BRH)