Dankodiklatad Tinjau Medan dalam rangka Penyiapan Latihan Taktis YTP R 100/PS Kodam I/BB

ARCOM.CO.ID ,Pematang Siantar. Sebagai upaya meningkatkan profesionalitas prajurit dan inter-operability antar kecabangan dalam sebuah operasi serangan, jajaran Kodam I/Bukit Barisan akan melaksanakan Latihan Taktis Batalyon Tim Pertempuran di daerah latihan Dodiklatpur Rindam I/BB, Desa Aek Natolu, Kab Simalungun Sumatera Utara.

Komandan Kodiklatad, Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos. sebagai Pimpinan Umum Latihan, bersama Danpussenarhanud, Wadan Pussenif, Wadan Pussenarmed, Danpuslatpur, Dirlat Kodiklatad, Wair Kodiklatad, Dirsen Pussenkav, didampingi Kasdam I/BB dan para Kabalakdam I/BB meninjau langsung kesiapan penyelenggaraan Latihan YTP R 100/PS sekaligus memberikan pengarahan kepada para penyelenggara dan pendukung latihan, Rabu, (29/9/2021).

Pada peninjauan yang dilaksanakan selama dua hari, (28-29/9/2021), Dankodiklatad meninjau langsung beberapa lokasi yang akan digunakan dalam latihan di antaranya DP, rute GMUK, DP Aju, daerah stelling Armed, Arhanud, Kavaleri, dan senjata-senjata bantuan Infanteri, TB Evakuasi Udara dan Mobud, Sasaran-sasaran Bantem, Sasaran Pokok, Sasaran Pengejaran dan Titik Peninjauan.

Pada kesempatan ini Dankodiklatad berkesempatan meninjau pemasangan jembatan bailey yang akan digunakan saat satuan Kavaleri (yang menggunakan beberapa Tank AMX) melintasi dan menuju ke arah kedudukan berikutnya).

Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan latihan dapat dilaksanakan dalam keadaan aman dan lancar serta guna menentukan persiapan dan dukungan yang perlu dilakukan sesuai skenario latihan dihadapkan dengan medan latihan sebenarnya.

Setelah melaksanakan peninjauan, Dankodiklatad memberikan pengarahan kepada para penyelenggara latihan, termasuk para Kabalakdam serta para Dansat Pelaku di aula Dodiklatpur Rindam I/BB.

Mengawali pengarahannya, Dankodiklatad membagikan pengalaman berharganya yang didapat dari penugasan baik di dalam dan di luar negeri yang melibatkan sejumlah Angkatan Darat negara sahabat.

Hal ini disampaikan guna menambah wawasan kepada penyelenggara, khususnya mengenai latihan yang diselenggarakan oleh satuan TNI AD maupun yang diselenggarakan oleh Angkatan Darat negara sahabat.

Setelah itu Dankodiklatad memberikan penekanan-penekanan kepada penyelenggara latihan sesuai materi masing-masing, dalam hal ini juga ditekankan pentingnya mempedomani faktor keamanan dan kesehatan khususnya protokol kesehatan terkait Covid-19.

Selain itu, Kodam I/BB juga disarankan untuk melaksanakan kegiatan bakti sosial kepada masyarakat sekitar daerah latihan Aek Natolu, guna membangun komunikasi yang baik agar kegiatan latihan tersebut juga memberi manfaat bagi masyarakat sekitar.

Latihan YTP 100 akan didahului dengan Latihan Posko I pada (13-15/10/2021), yang kemudian dilanjutkan dengan Latihan Taktis pada, (18-27/10/2021).

Beberapa satuan jajaran Kodam 1/BB akan terlibat sebagai satuan perkuatan di antaranya Yonkav 6/NK, Yonarmed 2/KS, Yonzipur 1/DD, Yonarhanud 13/PBY dan beberapa balak Kodam 1/BB.

Latihan ini diyakini akan menjadi kesempatan berharga bagi jajaran Kodam 1/BB dalam melatihkan kerja sama antar kecabangan dalam operasi serangan.

Turut hadir dalam kegiatan ini Wadan Pussenif, Danpussenarhanud dan Wadan Pussenarmed Kodiklatad, Kasdam dan Kapoksahli Kodam 1/BB, Danpuslatpur Kodiklatad, Dirlat dan Wair Kodiklatad, Danrindam 1/BB serta para Staf Perancang Latihan YTP R 100/PS. (BRH / Pen. Kodiklatad)