Menteri Koperasi dan UKM Beri Sambutan di Upacara Wisuda ISBI Bandung

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Menteri Koperasi dan UKM, Drs. Teten Masduki secara daring berkesempatan memberikan kata sambutan di acara Sidang Terbuka Senat Akademik Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung dalam rangka Upacara Wisuda Program Diploma Sarjana dan Magister, Sabtu, (18/12/2021), di Gedung Kesenian Sunan Ambu Kampus ISBI Bandung jalan Buah Batu No.212 Bandung.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam sambutannya mengucapkan selamat dan sukses kepada wisudawan dan wisudawati ISBI Bandung yang hadir secara langsung di Kampus ISBI Bandung, “Semoga berkontribusi bagi masyarakat” ujarnya.

Lebih lanjut Menteri Koperasi dan UKM mengungkapkan, saat ini pelaku UKM di Indonesia sebanyak 99 persen, “Pelaku UKM berkontribusi sebanyak 61 persen terhadap PDB,” ungkapnya, “UKM dalam menjalankan usahanya didorong bertransformasi secara digital,” pungkasnya.

Sedangkan Rektor Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, Prof. Dr. Hj. Een Herdiani, S.Sen., M.Hum., dalam sambutannya mengatakan, wisudawan dan wisudawati ISBI Bandung semoga dapat mengamalkan ilmunya di masyarakat.

“Saya atas nama pribadi dan ISBI Bandung mengucapkan selamat kepada wisudawan dan wisudawati, dan terima kasih kepada orang tua yang telah mempercayakan putra putrinya menuntut ilmu di ISBI Bandung,” kata Rektor ISBI Bandung.

Lebih lanjut Rektor ISBI Bandung mengatakan, wisudawan dan wisudawati ISBI Bandung harus yakin seni budaya dapat menjadi unggulan Indonesia di mata dunia, “Jadilah entrepreneur-entrepreneur seni budaya, manfaatkan secara optimal potensi yang kalian miliki,” ujarnya.

“Seperti pepatah Jepang, angkat layar dengan tangan anda yang lebih kuat,” kata Rektor ISBI Bandung, “Pastinya ke depan akan muncul muncul profesi-profesi baru,” kata Rektor ISBI Bandung.

Rektor ISBI Bandung di akhir paparannya berharap, di era globalisasi dan era disrupsi yang penuh persaingan, para wisudawan dan wisudawati ISBI Bandung berani dan pandai memanfaatkan teknologi.

Warek I ISBI Bandung Prof. Dr. Arthur S Nalan, M.Hum., seusai acara Upacara Wisuda mengatakan, pelaksanaan wisuda ISBI Bandung kali ini diatur sedemikian rupa dikarenakan masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

“Sidang Terbuka Senat Akademik Institut Seni Budaya Indonesia Bandung dalam rangka Upacara Wisuda Program Diploma Sarjana dan Magister, dibagi menjadi dua sesi, pagi dan siang hari,” ungkap Warek I ISBI Bandung.

“Sebenarnya para wisudawan dan wisudawati ISBI Bandung menginginkan orangtuanya dapat hadir langsung di acara wisuda, namun dikarenakan masih pandemi maka para orangtua hanya menyaksikan secara daring,” ungkap Warek I ISBI Bandung.

“Kita berharap di tahun depan dan pelaksanaan wisuda dapat dihadiri para orangtua wisudawan dan wisudawati,” ujar Warek I ISBI Bandung. (BRH / FJR)