Ketua DPRD Jabar Tanggapi Hari Sejuta Pohon Pohon Internasional

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Brigjen TNI (Purn) H. Taufik Hidayat SH., MH., berkesempatan menanggapi Hari Sejuta Pohon Pohon Internasional yang diperingati setiap tanggal 10 Januari.

Seperti diketahui, peringatan ini dilakukan pertama kali pada 10 April 1872, walaupun gerakan ini sudah mulai digagas sejak awal tahun 1870.

Peringatan ini punya nama lain Hari Arbor (Arbor Day), harfiahnya, Hari Arbor dikenal sebagai Hari Pohon, asal-usulnya, arbor diambil dari bahasa Latin yang bermakna hari libur demi merayakan penanaman, pemeliharaan, dan pelestarian pohon.

Peringatan ini masuk kalender salah satu peringatan di Indonesia sebagai Hari Gerakan Sejuta Pohon Sedunia.

Pertama kali dirayakan di Indonesia pada 10 Januari 1993, disadari oleh para pemimpin negeri ini kala itu, menanam pohon dapat membawa berbagai kebaikan untuk kehidupan makhluk hidup. 

β€œIntinya, seberapa kecil kita membiasakan diri menanam, merawat dan melestarikan pohon, itu merupakan hal yang sangat baik bagi lingkungan,” kata Ketua DPRD Jabar Taufik Hidayat kepada para awak Media di Bandung, Selasa, (10/1/2023).

“Pohon yang rindang, hutan yang lebat, dapat menyediakan air yang bersih dan mencegah banjir, erosi dan longsor, serta sejuta manfaat lainnya,” ujar Ketua DPRD Jabar Taufik Hidayat.

Lebih lanjut, Ketua DPRD Jabar Taufik Hidayat mengatakan, semua pihak harus sadar untuk mencintai lingkungan agar lingkungan semakin asri.

“Kita sebaiknya selalu menanam aneka pepohonan, dan hal tersebut harus dimulai sejak usia dini,” kata Ketua DPRD Jabar Taufik Hidayat.

“Mari kita hijaukan jengkal demi jengkal tanah di sekitar kita, terutama yang masih tampak kosong,” ujar Ketua DPRD Jabar Taufik Hidayat.

“Semua Ini demi menambah Ruang Terbuka Hijau atau RTH yang kini menjadi barang langka di negeri kita,β€œ pungkas Ketua DPRD Jabar Taufik Hidayat.(BRH / RLS)