Ketua DPRD Jabar Taufik Hidayat Angkat Bicara Terkait Hardiknas 2023

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Setiap tahun Bangsa Indonesia memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh setiap tanggal 2 Mei, peringatan Hardiknas bertepatan dengan hari lahir Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara.

Ki Hajar Dewantara yang memiliki nama asli R.M Suwardi Suryaningrat tak lain adalah pelopor pendidikan bagi kaum pribumi pada era kolonialisme Belanda, Ki Hajar Dewantara lahir dari keluarga ningrat pada 2 Mei 1889 di Yogyakarta, Jawa tengah.

“Ini momentum untuk menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme bagi seluruh insan pendidikan,” kata Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Brigjen TNI (Purn) H. Taufik Hidayat, SH., MH., Selasa, (2/5/2023), di Bandung.

“Salah satu wujudnya, melalui upacara bendera di instansi pemerintah, ini mengingatkan betapa penting proses pendidikan sebanyak mungkin, dan setinggi mungkin harus dialami oleh bangsa Indonesia, ini sebagai upaya menghasilkan SDM yang unggul di segala bidang,” kata Ketua DPRD Jabar Taufik Hidayat.

Berkaitan dengan Tema Hardiknas 2023, yakni ‘Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar’, diketahui kiprah Ki Hajar Dewantara dalam Pendidikan Nasiona bersama rekannya, dr. Cipto Mangunkusumo, dan E.F.E Douwes Dekker.

Ketiganya mendirikan Indische Partij yang merupakan Partai Politik pertama Indonesia pada masa Hindia Belanda, tujuan dibentuk demi meraih kemerdekaan Indonesia.

Singkatnya, pada 3 Juli 1922, Ki Hajar Dewantara mendirikan lembaga pendidikan Taman Siswa.

Taman Siswa hadir demi mencerdaskan pemuda pribumi, serta menanamkan rasa nasionalisme.

Satu hal yang hingga saat ini masih diingat dan dijadikan pedoman, yakni semboyan Ki Hajar Dewantara, “Ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani.

“Ini maknanya memberi teladan di tengah guru harus menciptakan prakarsa, dan dari belakang memberi dorongan,” pungkas Ketua DPRD Jabar Taufik Hidayat. (BRH / HS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *