Partai Solidaritas Indonesia Sambangi Tokoh Jabar Eka Santosa Bahas Tiga Hal Penting

ARCOM.CO.ID ,Kabupaten Bandung. Para Pengurus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyambangi kediaman Tokoh Jawa Barat Drs. H. Eka Santosa, Minggu, (2/4/2023), di Alam Santosa Ekowisata & Budaya jalan Pasir Impun Atas Sekebalingbing No.5 A, Cikadut, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung.

Kedatangan Para Pengurus PSI yang diwakili oleh Ketua Dewan Pertimbangan PSI Badaruddin Andi Picunang, Juru Bicara dan Direktur Propaganda dan Advokasi Publik DPP PSI Furqan AMC, dan Ketua DPW PSI Jawa Barat Marshall Chandra, dalam rangka silaturahmi.

Tokoh Jawa Barat Drs. H. Eka Santosa seusai acara silaturahmi dengan para anak muda dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengatakan, dirinya menerima PSI sesuai kapasitasnya sebagai tokoh masyarakat Jawa Barat.

Sebagai tuan rumah Eka Santosa sangat menyambut baik kedatangan jajaran DPP, DPW dan jajaran DPD PSI.

Kapasitas Eka Santosa sebagai Tokoh Jawa Barat mendukung PSI yang mempunyai dukungan yang sama terhadap Ganjar Pranowo, serta mempunyai pemikiran yang sama terhadap isu korupsi, intoleransi, dan kejahatan lingkungan hidup.

Secara pribadi Eka Santosa akan membantu PSI dalam mensukseskan Pileg 2024, bersama para loyalis, para aktivis lainya yang beraliansi serta berafiliasi dengan Eka Santosa yang juga mempunyai keinginan politik untuk mendorong, mengembangkan, dan memajukan PSI.

“Saya melihat satu pergerakan yang memang menjadi suatu kebutuhan, di mana PSI adalah Partai anak muda yang mengusung isu anti korupsi dan anti intoleransi, dan bagi kami PSI harus tegas mengadapi isu tersebut, jangan abu-abu,” kata Eka Santosa.

Eka Santosa melihat PSI tegas, dan menjadikan isu anti korupsi dan anti intoleransi menjadi sebuah tagline yang PSI jual, “Mudah-mudahan PSI tetap konsisten, oleh karena itu tidak ada alasan untuk saya tidak mendukung pergerakan ini,” ujarnya.

Eka Santosa menegaskan, dirinya di acara silaturahmi dengan PSI hanya sebagai masyarakat, dikarenakan kegiatan tersebut sifatnya silaturahmi.

“Saya menerima dengan tangan terbuka kedatangan teman-teman PSI, dan siapapun yang datang ke Alam Santosa di Pasir Impun, karena tempat ini adalah rumah kebangsaan yang concern kepada isu budaya, lingkungan, dan soal kebangsaan termasuk di dalamnya partai politik,” ujar Eka Santosa.

Eka Santosa mengaku dirinya selektif untuk melihat paradigma ke depan tentang Indonesia, dan dikarenakan PSI mengusung hal yang lebih konkrit dan tegas yaitu Partai anti korupsi, anti intoleransi, dan masalah kebangsaan lainnya, dirinya mendukung PSI.

Eka Santosa mengaku dirinya masih sering ditanya oleh para Calon Walikota, Calon Bupati, Calon Gubernur, dan Calon Legislatif, dan dirinya melihat PSI cukup memberikan harapan untuk perbaikan, dikarenakan Jawa Barat Provinsi yang masih tertinggi tingkat korupsinya, dan Provinsi yang masih sangat tinggi intoleransinya bahkan nomor wahid di Indonesia.

“Saya melihat PSI memiliki peluang besar di Pileg 2024, karena saya lihat dari perjalanan dan pergerakan kepartaian PSI selalu terbuka, dan Jawa Barat memberikan ruang pada PSI, tinggal PSI berorientasi pada Grass Root atau akar rumput, dan memang PSI modal dasarnya adalah anak-anak muda,” pungkas Eka Santosa.

Sedangkan Ketua Dewan Pertimbangan PSI Badaruddin Andi Picunang mengatakan, PSI berterimakasih atas sambutan yang luar biasa dari Eka Santosa selaku tokoh masyarakat Jawa Barat dikarenakan telah menerima PSI.

“PSI membutuhkan figur senior dan orang tua seperti Eka Santosa untuk memberikan petunjuk dan arahan para calon Legislatif PSI di tingkat Kabupaten, Kota dan Provinsi khususnya Jawa Barat,” ujar Badaruddin Andi Picunang.

Badaruddin menambahkan, PSI mempunyai cita-cita yag dibutuhkan bangsa saat ini, di mana PSI misinya anti korupsi, dan anti intoleransi.

“Saat ini korupsi dan intoleransi sudah dipertontonkan yang kita rasa sangat tidak bermanfaat untuk perjalanan Bangsa Indonesia ke depan,” tegas Badaruddin.

Badaruddin mengatakan, kehadiran PSI ingin memperbaharui dan berbuat untuk Bangsa Indonesia melalui caleg-caleg PSI yang diharapkan memperbaiki hal-hal yang tidak baik.

Badaruddin mengungkapkan, Ketua Umum PSI, H. Giring Ganesha Djumaryo rencananya di acara silaturahmi akan datang ke Alam Santosa di Pasir Impun, namun tidak bisa hadir dikarenakan ada jadwal di Yogyakarta.

“Semoga di pertemuan berikutnya Ketua Umum PSI akan hadir bersama Sekretaris Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni yang saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang RI,” pungkas Badaruddin.

Sedangkan Ketua DPW PSI Jawa Barat Marshall Chandra mengatakan, pihaknya sangat senang PSI dapat diterima oleh Tokoh Jawa Barat Eka Santosa, karena pihaknya selaku anak-muda memang membutuhkan arahan dan bimbingan.

Marshall Chandra menambahkan, Eka Santosa pengalamannya sangat banyak dan telah melalui berbagai hal, bahkan banyak tokoh-tokoh nasional yang telah datang ke Alam Santosa di Pasir Impun.

“Kami anak-anak muda di PSI dalam administrasi memang lebih detil dan tenaga untuk turun ke bawah masih prima, namun kami tetap butuh arahan dan bimbingan Eka Santosa selaku Tokoh Jawa Barat,” kata Marshall Chandra.

Mengenai target PSI di Jawa Barat, Marshall Chandra mengatakan, target PSI di Jawa Barat adalah memiliki Fraksi di DPRD Jawa Barat, sedangkan untuk Kabupaten dan Kota di Jawa Barat minimal PSI memiliki Anggota Dewan.

Namun dalam silaturahmi ini tidak ada komunikasi awal mengenai Eka Santosa masuk ke dalam PSI, karena logikanya ketika seorang tokoh akan masuk ke dalam Partai, pasti harus melalui komunikasi yang intensif dan
penyatuan kalobarasi pemahaman yang sama-sama disepakati.

Penyematan Jaket PSI kepada Eka Santosa disimbolkan sebagai bentuk penghormatan Eka Santosa sebagai tokoh masyarakat Jawa Barat dan
sebagai tuan rumah. (BRH)